EmitenNews.com - Presiden Jokowi akan melantik KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, besok, Rabu (17/11/2021). Pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta. Selain melantik Andika, sebagai pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto, Presiden Jokowi juga akan melantik 17 duta besar yang bakal bertugas di negara sahabat. Saat yang sama Pangkostrad Letjen. Dudung Abdurachman juga bakal dikukuhkan sebagai KSAD, menggantikan Andika Perkasa.


Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (16/11/2021), menyampaikan agenda Presiden Jokowi itu, besok, Rabu (17/11/2021). Ia memastikan, Presiden akan melantik Panglima TNI yang baru, dan 17 Duta Besar RI. Sebanyak 17 Dubes lainnya sudah dilantik Presiden Jokowi, di Istana Kepresiden, pada 25 Oktober 2021.


Seperti diketahui Jenderal Andika sudah disepakati menjadi Panglima TNI dalam rapat paripurna di DPR pekan lalu. Ia lolos dalam fit dan proper test Komisi I DPR, setelah Presiden Jokowi mengajukan menantu mantan Kepala BIN Jenderal Purn. AM. Hendropriyono itu, sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun November ini.


Selain melantik Andika, dan para Dubes, Jokowi juga akan melantik Letjen TNI Dudung Abdurachman sebagai KSAD. Kepastian itu, disampaikan oleh anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Dave Laksono. Anak politisi senior Golkar, Agung Laksono ini, meyakini mantan Panglima Kodam Jaya itu, bakal menjadi pimpinan di matra darat.


Sebelumnya, kepada EmitenNews.com, Selasa (16/11/2021), pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Selamat Ginting menilai ada 14 nama Letnan Jenderal (Letjen) yang memenuhi syarat menjadi kandidat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Posisi KSAD kosong setelah Andika disetujui DPR menjadi calon panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.


Meski begitu, dari 14 nama yang memenuhi syarat, hanya ada empat memiliki peluang besar memimpin matra Angkatan Darat (AD). Ginting menyebutkan, pertama, Letjen Muhammad Herindra. Kemudian, Letjen Teguh Arief Indratmoko, Letjen Dudung Abdurachman, dan Letjen Eko Margiyono.


Muhammad Herindra merupakan lulusan terbaik Akmil 1987, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Herindra memiliki waktu selama satu tahun sebelum memasuki masa pensiun.


Teguh Arief Indratmoko yang kini menduduki posisi Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat, merupakan lulusan Akmil 1988-A ini masih memiliki waktu panjang sebelum pensiun pada September 2023.


Selanjutnya, lulusan Akmil 1988-B Letjen Dudung Abdurachman. Panglima Komando Cadangan Strategi AD (Pangkostrad)  memiliki masa pensiun yang masih lama, yakni November 2023. Terakhir, Letjen Eko Margiyono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. ***