EmitenNews.com - Tinggi juga animo masyarakat dalam penyediaan uang rupiah menjelang Lebaran 2024 ini. Hingga saat ini realisasi layanan penukaran rupiah melalui kerja sama BI dan perbankan telah mencapai Rp75 triliun. Itu berarti sudah 38 persen dari total dana Rp197,6 triliun yang disiapkan.

"Data baru sampai kemarin, jumlah yang sudah keluar itu sebesar Rp75 triliun dari Rp197,6 triliun. Jadi hampir 38 persen," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim dalam acara pembukaan layanan kas keliling terpadu BI dan perbankan di Istora Senayan Jakarta, Kamis (28/3/2024). 

Untuk kebutuhan penukaran rupiah itu, BI telah menyiapkan uang layak edar (ULE) dengan total senilai Rp197,6 triliun. dana sebanyak itu, diprediksi cukup untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang rupiah bagi masyarakat pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Uang rupiah sebanyak itu, disalurkan sebagian besar kepada perbankan untuk melayani masyarakat dalam hal penukaran rupiah. Sebanyak 60 persen dari total tersebut terserap di Jawa, dan 40 persen ke wilayah-wilayah lainnya seperti Bali dan Nusa Tenggara sesuai kebutuhan dan sebaran kantong-kantong mudik.

Jumlah uang layak edar yang disediakan itu meningkat 4,65 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp188,8 triliun.

Kenaikan jumlah ULE tersebut bertujuan untuk mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

"Tahun ini agak besar, tetap naik karena pertumbuhan ekonomi, masyarakat yang mudik tinggi, THR juga 100 persen lebih cepat," ujarnya.

Kegiatan penukaran rupiah akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini sampai pekan depan karena orang-orang sudah bersiap untuk mudik dan akan membawa uang.

Dalam periode 15 Maret sampai 7 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layanan penukaran terpadu atas kerja sama BI dan perbankan dimulai pada 28 Maret hingga 31 Maret 2024 di Istora Senayan, DKI Jakarta. Di daerah, hal serupa akan diselenggarakan antara lain di stadion dan alun-alun kota.

Mulai 2 April hingga 5 April 2024 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik seperti rest area jalan tol, pelabuhan dan stasiun kereta.

Untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, ada juga layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis dan kas keliling susur sungai untuk melayani penukaran rupiah. ***