EmitenNews.com — Tahun 2021 menjadi catatan penting bagi PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) dengan Blibli (PT Global Digital Niaga) sebagai pemegang saham mayoritas/pengendali dan pencapaian 70 toko di Indonesia. Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) tanggal 31 Mei 2022 telah disetujui pengangkatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi baru. Pada hari yang sama juga telah diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan.  


Pada tahun 2021, RANC berhasil mencatatkan pendapatan bersih konsolidasian tahun 2021 sebesar Rp 2,89 triliun, turun 4,1% dibandingkan tahun 2020. Laba bersih konsolidasian berhasil diperoleh sebesar Rp 9,8 miliar. Penurunan laba bersih RANC ini karena banyaknya pembukaan toko-toko baru di tahun 2021 yang masih membutuhkan waktu untuk bertumbuh dan memberikan kontribusi. 


“Tahun 2021 memberikan tantangan dan peluang pada pertumbuhan RANC dengan berhasil membuka 19 toko baru yang berlokasi di Jabodetabek, Malang, Gresik, Balikpapan dan Samarinda, termasuk meluncurkan brand supermarket baru yaitu “Farmers Family by Farmers Market”. RANC juga menerapkan beberapa strategi bisnis, diantaranya pengembangan usaha, operational excellence, perluasan ekosistem dan pengembangan sumber daya manusia,” ujar Meshvara Kanjaya, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk. 


“Kami yakin bahwa industri ritel masih menjadi sektor yang menjanjikan di tahun 2022 ini. Berkolaborasi dengan Blibli, RANC akan melanjutkan strategi pengembangan usaha termasuk dengan pengembangan solusi digital guna mempercepat dan memperkuat omni channel dan berfokus pada tercapainya pertumbuhan kinerja yang berkesinambungan. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas produk dan pelayanan kepada pelanggan setia kami,” tutup Meshvara.


Tahun 2022 ini diawali dengan RANC meraih 3 penghargaan dari Retail Asia Awards untuk: 

1. Supermarket of The Year : Farmers Market 

2. Store Design of The Year : Ranch Market Lippo Mall Puri 

3. Sustainability Initiative of The Year : PT Supra Boga Lestari Tbk 

Penghargaan ini memberikan makna yang penting dan juga membuktikan bahwa hasil karya RANC diakui oleh pihak dalam dan luar negeri.