EmitenNews.com - PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) akan melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), dengan melepas 1,5 miliar saham baru  bernominal Rp100 per saham.

 

Dalam prospektus ringkas yang dipublikasikan Jumat (17/6) disebutkan perusahaan tepung terigu dan serealia ini akan melepas sebanyak 18,87 persen dari modal disetor. Perseroan melakukan penawaran awal atau book building mulai tanggal 17  hingga 23 Juni 2022, dengan kisaran harga Rp200 hingga Rp210 per saham. Sehingga perseroan berpeluang meraup dana Rp300 miliar hingga Rp315 miliar.

 

Diharapkan OJK menerbitkan pernyataan efektif IPO pada tanggal 29 Juni 2022. Jika demikian, bersama penjamin emisi efek Semesta Emisi Efek melakukan penawaram umum mulai tanggal 1 hingga 5 Juli 2022.

 

Rencananya, 46,67 persen dana hasil IPO  akan digunakan  sebagai setoran modal kepada PT Harvestar Flour Mills (HFM), anak usaha perseroan.

 

Oleh  HFM yang selanjutnya akan digunakan untuk pengembangan bisnis yaitu belanja modal untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas pabrik HFM yaitu pembangunan pabrik dan fasilitas penunjang serta pembelian mesin dengan kapasitas 600 MT/hari.

 

Selebihnya, 20 persen akan disetorkan kepada  HFM yang selanjutnya akan digunakan untuk pembelian tanah di Kawasan Industri Gresik untuk pembangunan fasilitas gudang.

 

Sisanya, 33,33 persen akan digunakan  sebagai setoran modal kepada PT Agristar Grain Industry ( AGY) yang selanjutnya akan digunakan untuk pengembangan bisnis yaitu belanja modal untuk pembangunan fasilitas gudang dan pengemasan di daerah Cilegon.

 

Laporan keuangan, per 31 Desember 2021 perseroan meraih laba periode berjalan  Rp26,8 miliar, setelah membukukan pendapatan Rp3,42 triliun.