EmitenNews.com - PT Hero Supermarket (HERO) akan membuka gerai IKEA di luar Pulau Jawa, dan Bali. Rencana itu, merujuk pada fokus IKEA untuk memperluas jangkauan. Hanya, rencana itu tidak akan dijalankan dalam waktu dekat.


Alasan perluasan cakupan operasional itu, mengingat Indonesia sangat luas. ”Tentu untuk jangka panjang kami akan ekspansi ke luar Pulau Jawa,” tutur Patrik Lindvall, Direktur Utama Hero Supermarket, Kamis (9/12).


Pembukaan outlet seperti di Bali, dapat meningkatkan aksesibilitas, dan mengurangi biaya pengiriman. Biaya layanan juga dapat dikurangi. Satu gerai IKEA akan beroperasi di Mal Taman Anggrek, Jakarta. Paling telat buka pada paruh pertama 2022. ”Selanjutnya, fokus kawasan luar Jakarta, dan luar Jawa,” imbuhnya.


Untuk itu, tahun depan perseroan akan mengalokasikan belanja modal alias capital expenditure (Capex) untuk pembukaan gerai baru. Rencana itu, fokus menciptakan tambahan pendapatan, dengan asumsi gerai baru beroperasi secara optimal. ”Kami akan maksimalkan belanja modal,” tukas Erwantho Siregar, Direktur Hero Supermarket.


Sementara kinerja tahun ini, belum akan mengalami perubahan pada sisa kuartal IV-2021. Itu merujuk situasi pandemi masih berlangsung. Per kuartal III-2021, perseroan mencatat pendapatan bersih Rp4,44 triliun. Menukik 35,19 persen dibanding periode sama tahun lalu Rp6,86 triliun. Lalu, mencatat rugi Rp747,43 miliar. Melesat 120,18 persen dibanding periode sama tahun lalu Rp339,46 miliar. (*)