EmitenNews.com - Hari-hari ini kita tidak akan menemui lagi gerai BreadTalk di Tanah Air. Toko roti itu, telah berganti nama menjadi MAKO, yang bakal dilakukan bertahap. Di sejumlah mal, atau pusat perbelanjaan, seperti di Mal PLaza Blok M, Mal The Park Sawangan Depok, dan di Mal Gandaria City, tempat yang biasanya diisi BreadTalk, sudah berganti MAKO. Tetapi, semua gerai MAKO yang mengisi tempat BreadTalk juga memiliki konsep dan produk yang hampir sama persis.


Informasi yang dikumpulkan menyebutkan, yang terjadi sebenarnya hanya perubahan brand name. Selebihnya hampir sama saja. Kalau ada yang beda, MAKO sebagai nama baru, menyajikan produk yang lebih beragam.


Untuk pegawai MAKO, masih banyak yang berasal dari BreadTalk sebelumnya, meski MAKO sudah melakukan rekrutmen baru.


Karena dilakukan bertahap, sampai Rabu (28/12/2022), tidak usah heran kalau  masih ada beberapa gerai BreadTalk yang belum berganti menjadi MAKO. Misalnya saja, di Mal Bintaro Jaya XChange.


Lainnya, di pusat perbelanjaan Lotte Mart Bintaro, BreadTalk masih beroperasi seperti biasa. Karena dalam proses peralihan produk yang dijual sangat terbatas dan banyak rak dibiarkan kosong.


PT Talkindo Selaksa Anugrah selaku pengelola BreadTalk Indonesia secara resmi belum juga memberikan keterangan soal pergantian nama tersebut. Info yang ada menyebutkan, MAKO dan BreadTalk dikelola oleh dua perusahaan berbeda. BreadTalk Indonesia dikelola oleh PT Talkindo Selaksa Anugrah, bagian dari Johnny Andrean Group yang mengelola sejumlah merek Food and Beverage seperti BreadTalk, Jco, dan Roppan.


MAKO ditangani oleh PT Mako Anugerah Kreasindo, yang juga berada di bawah naungan Johnny Andrean Group. Gerai pertamanya di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat pada 4 Desember 2020.


Yang menarik, merek BreadTalk ternyata berasal dari Singapura. Dikutip dari www.breadtalk.com, toko bakery and cake tersebut pertama dibuka di Bugis Junction, Singapura pada Juli 2000. PT Talkindo Selaksa Anugrah hanya memegang lisensi pemasaran di Indonesia. Berbeda dengan Jco yang benar-benar merupakan hasil kreasi dari Johnny Andrean.


Satu hal lagi, MAKO, dan BreadTalk sama-sama menjual produk serupa. Keduanya, memperdagangkan cake and bakery. Tapi, MAKO lebih mengidentikkan gerainya sebagai penjual bakery and pastry yang terinspirasi dari Jepang. ***