EmitenNews.com - Layanan PLUS BTN Prioritas menggondol “Wealth Management Platform of The Year”. Penghargaan internasional itu, didapat pada ajang Retail Banking Awards 2023 garapan Asian Banking and Finance, sebuah majalah bisnis, dan keuangan bergengsi berbasis di Singapura. 


Layanan PLUS BTN Prioritas meraih penghargaan tersebut karena dinilai memenuhi kriteria penilaian yaitu inovasi dan keunikan, efektivitas dan dampak positif, serta dinamis. Layanan PLUS BTN Prioritas merupakan loyalty platform berbasis situs web, dan ponsel mudah digunakan didesain khusus Nasabah BTN Prioritas. Layanan itu, untuk menerjemahkan nilai spesial BTN Prioritas yaitu Defining Your Priority. Dengan PLUS, BTN Prioritas berupaya meningkatkan kedekatan dengan nasabah, loyalty, dan diferensiasi market priority banking. 


PLUS BTN Prioritas memberikan kebebasan nasabah menentukan sendiri arti prioritas dengan fleksibilitas pilihan manfaat & hak istimewa dapat disesuaikan dengan preferensi nasabah masing-masing. ”Penghargaan Wealth Management Platform of The Year ini menjadi pemacu Bank BTN untuk terus berinovasi memberi yang terbaik bagi nasabah prioritas kami,” jelas Jasmin, Direktur Distribution and Funding Bank BTN, usai menerima penghargaan tersebut di Marina Bay Sands, Singapura, Selasa (25/7).


Saat ini, ada enam fitur benefit, dan keistimewaan bisa dinikmati nasabah BTN Prioritas melalui layanan PLUS. Mulai wealth management offers, pilihan loyalty reward, banking privilege, BTN prioritas concierge service, kupon membership, dan beragam pilihan hadiah hari istimewa. Aneka fitur itu, juga dapat diakses, dan dinikmati nasabah sesuai level membership di PLUS. Ada empat level membership yakni gold, platinum, titanium, dan prime dibedakan berdasar total dana kelolaan nasabah mulai Rp500 juta.


Salah satu terobosan terbaru PLUS adalah akses cepat dan mudah ke Airport Lounge hanya dengan cara pindai kode QR, dan tanpa perlu lagi swipe kartu debit. Dengan fitur itu, nasabah BTN Prioritas hanya perlu waktu kurang 60 detik untuk menikmati layanan Airport Lounge pada 38 Airport Lounge bekerja sama dengan BTN Prioritas, baik keberangkatan domestik maupun internasional seluruh Indonesia.


Sementara itu, sejak diluncurkan hingga Juni 2023, layanan PLUS BTN Prioritas telah mencatat hampir 14 ribu pengunjung. PLUS BTN Prioritas juga telah dimanfaatkan melakukan proses loyalty reward and benefit redemption lebih dari 37 ribu kali. Dengan kemudahan dan keistimewaan PLUS, BTN Prioritas telah mencatat peningkatan total nasabah menjadi 34.522 orang per Juni 2023, sejak mengudara Februari 2022 lalu 32.135 nasabah. 


Per Juni 2023, BTN Prioritas juga telah berhasil menghimpun dana kelolaan Rp42,3 triliun. ”Selanjutnya, kami akan terus melakukan pengembangan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah BTN Prioritas, dan perkembangan teknologi pasar,” ujar Jasmin.


Penghargaan itu, berdasar hasil seleksi, dan penilaian ketat dewan juri independen. Meliputi Edy Widjaja Partner & Leader Southeast Asia Financial Service Practice of Bain & Co., Ho Kok-Yong Leader, Financial Services Industry, Audit & Assurance Asia Pacific of Deloitte, Liew Nam Soon Asean Regional Managing Partner of Ernst & Young, Antony Ruddenklau Head of Financial Services Advisory of KPMG Singapore, dan John Dovasto Asia Pacific Financial Services Leader Capital Markets and Accounting Advisory Leader of PricewaterhouseCoopers.


Wealth Management Platform of The Year, sebelumnya telah dimenangkan beberapa bank asing ternama di Indonesia. Misalnya, Citibank 2019, Commonwealth Bank 2020 dan 2021, dan HSBC 2022. Tahun ini, kali pertama BTN sebagai salah bank BUMN Indonesia melalui BTN Prioritas berhasil menyabet penghargaan bergengsi tersebut. (*)