EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka kembali suspensi perdagangan saham PT Gaya Abadi Sempurna (SLIS). Suspensi emiten bergerak bidang perdagangan komponen elektronik dan komponen sepeda itu, berlaku di pasar reguler, dan pasar tunai mulai perdagangan sesi I tanggal 29 September 2021.


Sebelumnya, saham SLIS yang sempat digembok bursa pada perdagangan kemarin (28/9) menyusul performa buruk secara terus menerus. Tercatat dalam 21 hari perdagangan sebelum disuspensi saham ini 18 kali ditutup di zona merah, bahkan empat hari beruntun sempat ditutup di batas auto rejection bawah (ARA). Dalam seminggu saham ini melemah 19,14 persen, dan selama sebulan terkoreksi 52,48 persen.


Saat bersamaan, bursa memantau ketat pola transaksi tidak wajar pada saham Borneo Olah Sarana (BOSS) di luar kebiasaan alias Unusual Market Activity (UMA). UMA tidak serta merta menunjukkan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan bidang pasar modal. 


Informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat pada 20 September 2021 mengenai ringkasan risalah rapat umum para pemegang saham tahunan (koreksi). Sehubungan dengan UMA saham BOSS itu, bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham tersebut. 


Selanjutnya, para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, mencermati kinerja perusahaan tercatat, dan keterbukaan informasi, dan mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapat persetujuan RUPS. (*)