EmitenNews.com - GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) bakal menggeber private placement maksimal 118.436.392.950 helai alias 118,43 miliar eksemplar. Pengeluaran saham baru itu setara dengan 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan sejumlah 1,18 triliun saham. So, penerbitan saham anyar itu, dibalut dengan nilai nominal Rp1 per lembar. 


Tindakan korporasi itu dilakukan untuk mengembangkan kegiatan usaha, dan memperkuat posisi permodalan perseroan. Nah, kalau dianggap perlu, setiap penerbitan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu dimaksudkan untuk mendapat pendanaan untuk kepentingan terbaik perseroan, dan anak usaha. 


Dana yang diperoleh akan digunakan oleh perseroan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perseroan, dan anak usaha, termasuk PT Tokopedia, PT Swift Logistic Solutions, PT Dompet Anak Bangsa dan/atau PT Multifinance Anak Bangsa dan/atau PT Multi Adiprakasa Manunggal dan/atau pelunasan melalui konversi atas utang perseroan di kemudian hari (jika ada). 


Pelaksanaan private placement akan memberikan dana tambahan bagi perseroan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha perusahaan, anak usaha, dan memperkuat struktur permodalan perseroan. Manfaat tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan nilai tambah bagi para pemegang saham perseroan. 


Apabila private placement dilaksanakan, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham perseroan saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar maksimum 9,09 persen. Pelaksanaan private placement tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara Saham seri B terhadap saham Seri A. (*)