EmitenNews.com - Ini upaya pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan nasional. Salah satu hasil High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP), memperkuat ketahanan pangan untuk mencapai target inflasi 2024 sebesar 2,5 plus minus satu persen.

 

"Memperkuat ketahanan pangan dengan tentunya produktivitas itu kita amankan, kemudian juga ketersediaan data diperlukan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers HLM TPIP di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (29/1/2024).

 

Airlangga Hartarto menyebutkan, upaya penguatan ketahanan pangan juga dilakukan dengan memperkuat strategi antar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Lainnya,  melanjutkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi pangan serta komunikasi untuk menjaga ekspektasi inflasi.

 

Langkah-langkah strategis berikutnya yang disepakati TPIP untuk menjaga inflasi dalam kisaran sasaran, antara lain meliputi kebijakan moneter dan fiskal yang konsisten dengan upaya mendukung pengendalian inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

Menurut Airlangga Hartarto, HLM TPIP menyepakati beberapa langkah strategis dan konsisten untuk menjaga inflasi untuk di tahun 2024 ini ditarget angka 2,5 plus minus satu persen. ***