EmitenNews.com - Indomobil Sukses Internasional (IMAS) resmi menjadi distributor, dan produsen Mercedes-Benz di Indonesia. Itu menyusul perampungan proses pengambilalihan distribusi, dan produksi kendaraan dengan lambang segitiga tersebut pada Jumat, 29 September 2023. 


Akuisisi itu dilakukan emiten di bawah bendera Salim Group tersebut melalui Indomobil Group, dan Inchcape Motors Pte Ltd. So, seluruh saham PT Mercedes-Benz Indonesia (Produsen mobil penumpang Mercedes-Benz di Indonesia), dan mayoritas saham Pt Mercedes-Benz Distributions Indonesia (Distributor mobil penumpang) telah dialihkan kepada Indomobil Group, dan Inchcape.


Di mana, Indomobil Group mengempit 30 persen baik secara langsung maupun tidak langsung, dan 70 persen saham Mercedes-Benz digenggam oleh Inchcape. Pengalihan saham itu, babak lanjutan atas persetujuan Indomobil dan Inchcape sebagai produsen, dan distributor kendaraan merek Mercy di Indonesia pada Maret lalu. 


”Kami yakin dengan berbekal pengalaman, dan keahlian Indomobil dalam industri otomotif nasional selama lebih 40 tahun, dan kemampuan Inchcape dalam dunia otomotif global, Mercedes-Benz Indonesia akan tumbuh menjadi lebih besar, dan kuat. Tentu dengan secara berkesinambungan menyuguhkan mobil-mobil berkualitas tinggi, cocok dengan pasar indonesia, dan layanan kelas premium bagi seluruh pelanggan,” tegas Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil Sukses Internasional.


Inchcape berkomitmen melanjutkan operasi Mercedes-Benz di Indonesia. Kualitas produk dan layanan Mercedes-Benz diklaim tidak akan berubah. Kegiatan produksi pabrik di Wanaherang, Bogor, akan terus berjalan tanpa gangguan. Karyawan tetap bekerja, dan diberi kesempatan bekerja di bawah kepemilikan baru. ”Indonesia pasar prioritas bagi Inchcape. Saya semangat untuk kesuksesan Mercedes-Benz ke depan di Indonesia,” imbuh Ruslan Kinebas, Inchcape’s CEO.


Tidak disangkal pasar Indonesia tetap menjadi pasar penting bagi Mercedes-Benz. Manajemen menargetkan perkembangan makin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi, dan digitalisasi. ”Inchcape dan Indomobil, membantu kami melanjutkan perjalanan penuh keberhasilan di Indonesia," ucap Amanda Zhang, CEO dan President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II, melalui keterangan tertulis. (*)