EmitenNews.com - Gunung Bromo berada di kawasan Karst Tengger, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu destinasi unggulan pariwisata Indonesia. Bentang alamnya memiliki banyak keistimewaan yang bisa membuat takjub wisatawan. Di kawasan Karst Tengger itu, bukan hanya ada Gunung Bromo, juga pegunungan lain. Tetapi paling terkenal keindahannya Gunung Bromo. Anda bisa mengunjungi Bromo dari empat penjuru kabupaten. Mulai Pasuruan, Lumajang, Malang, dan Probolinggo.


Bagi yang pertama kali berencana ke sana, Emitennews.com rangkum sedikitnya lima destinasi wajib dikunjungi sekitaran Gunung Bromo.

 

  1. Melihat Matahari Terbit 

 

Di Sisi Gunung Bromo Melihat matahari terbit ini merupakan salah satu atraksi favorit wisatawan yang berkunjung ke Bromo. Keindahan alam Bromo akan terpancar begitu detik-detik matahari mulai menampakkan semburatnya. Saat inilah yang paling menakjubkan dan tidak boleh terlewatkan. Untuk merasakan pengalaman ini, Anda bisa memilih empat tempat dengan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Pertama ada Bukit Dingklik, lalu Bukit Cinta, Bukit KingKong, dan terakhir paling tinggi ialah Puncak Pananjakan. Keduanya berada di satu jalur, Kabupaten Pasuruan.

 

  1. Mengunjungi Pasir Berbisik

 

Setelah matahari mulai meninggi, Anda bisa beranjak dengan mobil hardtop offroad ke destinasi Laut Pasir, atau nama lainnya pasir berbisik. Menurut Bambang, pemandu wisata setempat, pasir berbisik ini dahulunya padang pasir yang saking sepinya, terdengar suara angin menghempas pasir, sehingga berbunyi seperti bisikan. Pengunjung yang datang ke sini diharapkan membawa kacamata, atau pun shal untuk melindungi dari angin kencang yang meniup pasir-pasir tadi. Angin tersebut bisa datang sewaktu-waktu tanpa terjadwal, terutama di musim panas.

 

  1. Berfoto di Indahnya Bukit Teletubbies

 

Salah satu Karst Tengger yang berbentuk unik ialah Bukit Teletubbies. Bukit ini dinamakan Teletubbies karena bergelombang seperti dalam film tersebut. Wisatawan bisa berfoto di kawasan ini dengan latar karst istimewa. Selain foto, resor Plataran Bromo menyediakan paket piknik breakfast di sini, Anda bisa menikmati sarapan di tengah alam Tengger yang menakjubkan.

 

  1. Melihat Indahnya Kawah Bromo

 

Tidak jauh dari sana, destinasi utama yang tidak boleh terlewat ialah melihat kawah Bromo. Anda harus mendaki Gunung Bromo terlebih dahulu. Namun tenang saja, jangan anggap Gunung Bromo seperti gunung lain yang sukar untuk didaki. Telah tersedia tangga lengkap dengan pegangan besi yang mempermudah Anda. Lamanya pendakian pun hanya sekitar satu jam untuk sampai puncak, dengan tempo tidak terlalu cepat. Anda tentu bisa beristirahat di sepanjang jalan, kapan pun Anda mau.

 

  1. Teras Bromo

 

Menjelang sore, saatnya berpamitan dengan matahari yang akan tenggelam. Anda bisa menikmati indahnya sunset Bromo di salah satu tempat baru, bernama Teras Bromo. Teras Bromo merupakan salah satu resto dari Plataran Bromo berada di jalur turun arah Pasuruan, tepatnya di Desa Ngadiwono, Tosari. Di sana, Anda bisa menikmati hidangan kuliner Indonesia di atas rooftop yang mengarah langsung ke pemandangan matahari terbenam di tengah bukit. Namun, pemandangan indah ini didapat saat kabut tidak menutupi perbukitan, terutama di musim hujan. (Eko Hilman)