EmitenNews.com - Unilever Indonesia (UNVR) tengah dilanda prahara. Emiten bidang manufaktur, pemasaran dan distribusi barang konsumsi termasuk sabun, deterjen, margarin, makanan berbasis susu, es krim, produk kosmetik, minuman berbasis teh, dan jus buah tersebut ditinggal empat pengurus utama perseroan.


Empat pentolan perusahaan itu, resign berjemaah sejak 15 Juni 2023 hingga 24 November 2023. Keempat sosok penting itu, antara lain Alper Kulak sebagai Direktur, Ira Noviarti sebagai Direktur Utama, Shiv Sahgal berperan sebagai Direktur, dan Sandeep Kohli berposisi sebagai Direktur.


Merespons itu, Nurdiana Darus Direktur & Corporate Secretary Unilever mengaku fungsi, tugas, dan tanggung jawab atas ketiga direktur lain akan dijalankan oleh direktur-direktur lainnya di perseroan. Adapun penunjukan direksi pengganti akan menyesuaikan dengan kebutuhan, dan strategi dalam memastikan keberlanjutan kegiatan usaha untuk menghadapi kondisi, dan tantangan di masa depan. 


Posisi presiden direktur perseroan yang ditinggal Ira Noviarti, akan diisi oleh Benjie Yap. Saat ini, Benjie merupakan Chairman Unilever Philippines, Inc. Ia telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di Unilever. Telah menduduki berbagai posisi bidang Supply Chain, Marketing, dan Customer Development. 


Benjie bergabung dengan Unilever sebagai Technical Management Trainee pada 1994 dengan tugas awal pada bagian Manufaktur, Teknik, R&D, dan Pengembangan Kemasan. Ia beralih karier, dan bergabung dengan bagian marketing sebagai Marketing Director of Home Care pada 2001. 


Kemudian, ia bergabung dengan Dewan Direksi Nasional Unilever Philippines, Inc sebagai Foods Managing Director, VP for Home Care and Foods, dan VP for Customer Development. Benjie juga mengambil peran internasional sebagai Product Development Manager di Port Sunlight UK pada 1999, dan sebagai VP Home Care Unilever Thailand pada 2009. 


Benjie menerima IABC CEO Excel Award pada 2007, dan AGORA Outstanding Achievement Award for Marketing Management pada 2015. Sejak 2021, ia menjadi bagian dari Globe’s Business Council. Saat ini juga duduk sebagai anggota dewan penasihat Fakultas Teknik Universitas De La Salle. 


Diakui sebagai salah satu alumni terbaik, Benjie lulus dari Universitas De La Salle dengan gelar BS Industrial Engineering, dan studi minor Mechanical Engineering. Saat ini, perseroan tahap seleksi kandidat pengganti untuk ketiga posisi direktur lain, dan akan menginformasikan kandidat direktur ditunjuk melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham sesuai dengan ketentuan berlaku, dan memperhatikan kebutuhan perseroan. 


”Kami percaya kompetensi, dan kemampuan dari kandidat presiden direktur baru maupun direktur-direktur tersedia saat ini dapat terus berkontribusi pada strategi, dan operasi masa depan perseroan,” tegas Nurdiana Darus.


Nurdiana mengaku, undur diri empat pentolan perusahaan tidak berdampak material terhadap kegiatan usaha. Perseroan memastikan masa transisi direksi akan dilakukan tanpa mempengaruhi kegiatan usaha. ”Direksi perseroan tetap menjalankan kegiatan usaha seperti biasa dengan terus fokus memberi kontribusi positif bagi Indonesia,” ucapnya. 


Berdasar rencana, untuk memastikan pengunduran diri sejumlah direksi itu, perseroan akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa pada Selasa, 19 Desember 2023. (*)