EmitenNews.com - Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia ? Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk Timnas. Perjuangan belum selesai, kita berikan yang terbaik untuk membawa #GarudaMendunia! 

 

Demikian cuitan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam akun twitternya @erickthohir, Jumat (26/1/2024) dini hari. Menteri BUMN itu tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah timnas Indonesia memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

 

Indonesia memastikan lolos ke 16 besar usai terbantu hasil imbang Kirgistan vs Oman. Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (25/1/2024) malam, laga tersebut berakhir 1-1.

 

Dengan hasil laga seperti itu sudah cukup meloloskan Indonesia lewat jalur peringkat tiga terbaik. Anak-anak asuh Shin Tae-yong mengemas 3 poin, berada di posisi 4 pada klasemen tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

 

Sementara itu, Oman, yang sebelumnya bertekad menang, untuk masuk ke babak selanjutnya, hanya puas dengan menjadi juru kunci di klasemen tim peringkat tiga. Timnas Oman hanya membukukan 2 poin dalam babak penyisihan.

 

Kita tahu Skuad Garuda meraih tiga poin hasil sekali kemenangan di fase grup. Tim Merah Putih bisa menundukkan Vietnam 1-0, meski kalah dari Irak dan Jepang dengan skor masing-masing 1-3.

 

Apa pun, timnas Indonesia kali ini berhasil mencetak sejarah baru. Ini pertama kalinya tim Merah Putih lolos, dan maju dalam babak 16 besar Piala Asia. Sebelumnya, Indonesia terhenti pada fase grup dalam empat kesempatan sebelumnya. ***