EmitenNews.com - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk.(PORT) menyampaikan bahwa PT Episenta Utama Investasi (EUI), telah menandatangani Perjanjian jual- beli Saham kepada China Merchants Port Holdings Company Limited (CMP), suatu perusahaan yang didirikan di Hong Kong pada tanggal 20 November 2023. 

 

PORT perusahaan pelabuhan yang secara tidak langsung dikendalikan oleh Garibaldi  Thohir yang biasa dipanggil Boy Thohir.

 

Lina CFO Nusantara Pelabuhan Handal Tbk.(PORT) dalam keterangan resmi Kamis (23/11) menyampaikan bahwa EUI, pemilik 74,06% saham dalam Perseroan yang merupakan pemegang saham pengendali  telah menjual 51% kepemilikan saham EUI di Perseroan kepada CMP dengan nilai transaksi sebesar USD 61,2 juta atau setara Rp954 miliar.



Transaksi penutupan atas Penjualan Saham tunduk kepada pemenuhan syarat yang diatur dalam Perjanjian, termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan yang diperlukan oleh pihak CMP dan ketentuan peraturan perundang-undangan, " jelas Lina.

 

Dengan demikian dampak hukum dari transaksi Penjualan Saham di atas adalah terjadinya perubahan pengendali Perseroan menjadi CMP,  tutup Lina.