EmitenNews.com - Perusahaan air minum dalam kemasan PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) berencana untuk melakukan pembelian saham PT Sentralsari Primasentosa (SPS)  senilai Rp 180.000.000.000. CLEO akan memperoleh 100.000 saham baru setara 80 persen saham SPS dengan nilai konversi Rp 1.800.000,- per saham.



Lukas Setio Wongso Corporate Secretay CLEO dalam keterangan resmi Rabu (25/10) menyampaikan bahwa  dalam rangka pembelian ini perseroan  akan meminta restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada tanggal 30 November 2023.

 

Ditambahkan, rencana transaksi ini dilakukan dengan tujuan efektifitas dan efisiensi pengelolaan manajemen distribusi produk-produk yang dimiliki Perseroan dalam satu payung grup usaha. 

 

Dengan demikian, diharapkan terjalin integrasi dan konsolidasi usaha mengingat SPS adalah sebagai distributor tunggal Perseroan yang bergerak di bidang usaha AMDK agar bisa terus mengembangkan dan meningkatkan volume usaha Perseroan di masa mendatang mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dengan karakteristik pengelolaan logistik dan distribusi yang memiliki tantangan tersendiri, jelas Lukas

 

Lukas menambahkan, perseroan akan mengunakan dana pinjaman bank jangka panjang untuk menguasai perusahaan distributor air kemasan milik Hermanto Tanoko melalui Tancorp Global Sentosa.

 

Transaksi ini, juga akan memberikan dampak yang positif terhadap pencapaian kinerja usaha dan keuangan Perseroan di masa yang akan datang.

 

" Jika perusahaan tersebut telah terkonsolidasi, maka pendapatan CLEO akan mendapat tambahan sebesar Rp968,34 miliar menjadi  Rp1,72 triliun bila mengacu pada laporan keuangan semester I 2023”, jelasnya