EmitenNews.com - Bintang Samudera Mandiri Lines (BSML) tengah mematangkan rencana right issue maksimal 400 juta lembar. Itu setelah perseroan mengantongi restu dari para pemegang saham. Aksi tersebut mendapat dukungan suara 100 persen.

Suara itu, menggema dari pemilik 1,47 miliar saham dengan tingkat kehadiran 79,69 persen. Itu hasil rapat akbar pada Rabu, 17 April 2024 pukul 10.00 WIB. Pengeluaran saham baru itu dibalut dengan nilai nominal Rp25. Hajatan itu, untuk memperkuat struktur modal perseroan. 

Perseroan akan memperkuat struktur permodalan, dan pengembangan usaha. Di mana, sebagian hasil dana right issue akan digunakan untuk membayarkan sebagian kewajiban kepada kreditur (perbankan). Sisa dana perolehan sebagian besar untuk menambah aset produktif berupa kapal untuk perseroan dan/atau entitas anak serta modal kerja operasional.

Penambahan modal tersebut tidak hanya memperkuat struktur permodalan namun juga berkontribusi positif terhadap profitabilitas khususnya melalui efisiensi beban keuangan, dan rencana pengembangan perseroan dapat berpotensi menambah pendapatan operasional perseroan.

Pemegang saham yang tidak menggunakan haknya untuk memesan saham baru yang ditawarkan sesuai dengan HMETD yang dimilikinya, persentase kepemilikan atas perseroan akan terdilusi hingga sebanyak-banyaknya 17,80 persen. (*)