EmitenNews.com - Mobil listrik pertama di Indonesia sudah meluncur. Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia yaitu Ioniq 5 buatan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), di Cikarang, Bekasi. Presiden ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

 

"Hari ini saya ke Bekasi untuk menyaksikan dan meluncurkan mobil listrik Ioniq 5. Momen yang terus saya tunggu-tunggu," kata Presiden Joko Widodo di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022), saat meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang.

 

Turut hadir dalam acara peresmian pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia itu, sejumlah pejabat penting. Antara lain Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

 

Ada juga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Chairman Hyundai Mogor Group Euisun Chung, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae Sung. dan pejabat terkait lainnya.

 

"Kita ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan," kata Presiden.

 

Ke depan, menurut Presiden Jokowi, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di Indonesia. "Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya Ibu Kota Negara Nusantara."

 

Pemerintah, kata Presiden Jokowi, selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya terutama industri baterai.

 

"Seperti hari ini Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor," kata Presiden Jokowi. ***