EmitenNews.com - Ini dukungan atas peningkatan ekspor di Tanah Air. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor ponsel pintar (smartphone) yang diproduksi PT Samsung Electronic Indonesia, di Cikarang Utara, Jawa Barat, ke Singapura. Samsung telah mengekspor sebanyak 8 juta unit produknya ke beberapa negara sejak 2018 hingga kuartal III tahun 2022.


"Presiden Joko Widodo mengarahkan kepada kami bekerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan ekspor. Salah satunya dengan Samsung, kami hadir melepas ekspor sebagai bentuk dukungan dari pemerintah," kata Mendag Zulhas, di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).


Menurut Zulkifli Hasan, Samsung telah mengekspor sebanyak 8 juta unit produknya ke beberapa negara sejak 2018 hingga kuartal III tahun ini.


Produk yang diproduksi di Cikarang Utara diperuntukkan bagi 70 persen pasar domestik dan 30 persen pasar ekspor. Selain ke Singapura, juga ke Malaysia, Thailand, dan Filipina.


Sektor elektronik merupakan salah satu sektor unggulan dan prioritas dalam penerapan Industri 4.0. Sektor tersebut juga menjadi kontributor ekspor ke empat terbesar Indonesia.


Pada 2021, ekspor elektronik Indonesia mencapai USD14,1 miliar, dengan pertumbuhan mencapai 6,4 persen.


Periode Januari-Juli 2022 nilai ekspor elektronik Indonesia mencapai USD9,4 miliar,  atau naik 18,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD7,93 miliar. ***