EmitenNews.com - Ini pesan untuk pemerintah daerah. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepala daerah tidak mempersulit izin masuknya investasi, khususnya investasi di sektor hilirisasi ke daerah. Dari Davos, Swiss mengikuti World Economic Forum (WEF) mengajak para kepala daerah bersatu menarik investasi untuk meningkatkan perekonomian.

 

"Peran teman-teman bupati di daerah sangat penting, jadi jangan mempersulit atau membuat sulit masalah izin di daerah," tegas Menko Luhut Pandjaitan secara daring dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023, di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

 

Pemerintah tengah menggenjot investasi di sektor hilirisasi. Pemerintah pun tidak segan mengucurkan insentif mulai dari fiskal hingga kemudahan impor mesin (masterlist). Namun peran kepala daerah juga dinilai sangat penting untuk menjaga kepercayaan para investor.

 

Luhut yang sedang di Davos ikut World Economic Forum (WEF), mengaku mendapat apresiasi atas apa yang terjadi di Indonesia dalam hal investasi. Karena itu, ia mengajak daerah bersatu padu, bahu-membahu bangun ekosistem, bangun kepercayaan untuk menerima investor itu dengan baik. ***