EmitenNews.com - Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Asian Consultative Council (ACC) Bank for International Settlements (BIS). Posisi itu kembali diduduki oleh Gubernur Bank Indonesia itu, mulai 26 September 2023 hingga satu tahun ke depan.

 

Keterangan resmi BI di Jakarta, Selasa (12/9/2023), penetapan tersebut berdasarkan keputusan Dewan Direktur (Board of Directors) BIS pada 11 September 2023. Intinya, memperpanjang masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo sebagai Ketua ACC-BIS yang telah menjabat sejak September 2021 dan akan berakhir pada 25 September 2023.

 

Sebagai Ketua ACC-BIS, Gubernur Bank Indonesia akan berperan dalam mengarahkan aktivitas ACC-BIS di berbagai area kebanksentralan, seperti moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran.

 

Perry Warjiyo akan terus berfokus mendorong BIS Hong Kong Office sebagai sekretariat ACC-BIS. Sasarannya, menghasilkan riset dan rekomendasi kebijakan di sejumlah isu yang sedang mengemuka di kalangan bank sentral di dunia. Di antaranya, strategi menghadapi gejolak ekonomi, keuangan dan geopolitik global untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. ***