EmitenNews.com - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) mengedepankan kurikulum berbasis luaran atau Outcome Based Education sebagai sistem pendidikan yang menghasilkan lulusan terampil dan berpengetahuan baru agar adaptif dan berdaya saing tinggi di level nasional dan global. Para selebritas Dian Sastrowardoyo, Payung Teduh Hingga Kiper Timnas Futsal, lulusan ILUNI FIB UI menjadi garda kebudayaan yang adaptif dan kompetitif di berbagai sektor industri.

 

Kurikulum ini bertautan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang mengakselerasi dan keterampilan baru kepada para mahasiswa agar menjadi lulusan andal. Para lulusan FIB UI ini mampu beradaptasi serta menjadi Garda Kebudayaan (Guardians of Culture) yang telah teruji kemahirannya di berbagai sektor.

 

Demikian disampaikan Bondan Kanumoyoso, Dekan FIB UI, dan Patria Ginting, Ketua Umum ILUNI FIB UI pada Prawisuda Wisudawan FIB UI Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024 di Kampus FIB UI, Depok, Jawa Barat pada Kamis (22/2/2024).  

 

Bondan menjabarkan para lulusan memiliki pengetahuan kognitif, keterampilan terbaru, serta sikap kompetitif untuk memulai atau pun melanjutkan karier cemerlang. Pengetahuan ini bertautan dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), khususnya pada jenjang sarjana. Mereka ini diberikan pengetahuan dan keterampilan baru yang dipraktikkan di program magang, pengabdian kepada masyarakat, studi tematik, dan lain sebagainya. 

 

”Kami berharap para lulusan FIB UI memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi di dunia kerja,” ujar Bondan di Kampus UI, Depok, Selasa (22/2/2024).

 

Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (ILUNI FIB UI) mengapresiasi para dosen dan jajaran Dekan FIB UI yang menempa para mahasiswa untuk menjadi lulusan yang adaptif, kompeten, dan  berdaya saing tinggi agar bisa menaklukkan berbagai tantangan di era disrupsi digital. 

 

Pada kesempatan ini, Patria Ginting menyampaikan FIB UI menciptakan ekosistem kolam talenta (talent pool) lantaran para mahasiswa dan alumni FIB UI sudah teruji serta mengimplementasikan praktik terbaik (best practices) di berbagai sektor. Misalnya industri kreatif, jasa keuangan, dan teknologi.

 

Patria Ginting menjabarkan ada alumni FIB UI yang berprofesi sebagai penulis novel yang karyanya best seller, berkarier di Google, ASN, lembaga pemerintahan, direktur dan komisaris di BUMN, lembaga nirlaba (LSM) nasional dan global, dosen, penggiat UMKM, dan petani milenial.  

 

Alumni FIB UI ada di mana-mana