EmitenNews.com - PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA) menyampaikan bahwa perusahaan telah menggunakan belanja modal (capital expenditure/capex) sekitar USD30 juta di kuartal I 2022.

 

Sementara untuk capex grup konsolidasian yang dianggarkan adalah sekitar USD137 juta tahun 2022. Nilai capex tahun ini lebih besar dibandingkan dengan alokasi capex 2021 sekitar USD 67 juta.

 

"Realisasi capex untuk kuartal 1-2022 diperkirakan sekitar USD30 juta. Dana itu terutama untuk bisnis pertambangan di Australia,"kata Manajemen DSSA, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5).

 

Untuk proyeksi tahun 2022, Perseroan mengharapkan sejalan dengan adanya akuisisi Dampier Coal, Perseroan dapat menumbuhkan pendapatan sekitar 30% dan laba sekitar 40% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. "Produksi dari lini pertambangan sampai dengan Kuartal 1-2022 adalah sekitar 9 juta mt,"papar Manajemen DSSA.

 

Sebagai catatan, DSSA melakukan akuisisi Dampier Coal. Dampier merupakan perusahaan batu bara metalurgi yang terletak di Australia dengan produk batu bara high calorie coal. Sebagai tambahan, batu bara Dampier merupakan batu bara dengan spesifikasi yang memang untuk keperluan metalurgi, bukan thermal coal. Akuisi Dampier adalah akuisisi tambang batu bara untuk metalurgi dengan kalori di atas 7.500 yang produknya akan dicampur dengan bijih besi untuk menghasilkan baja.