EmitenNews.com – Calon dari 33 anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) mengerucut menjadi 29 calon setelah melewati seleksi tahap ketiga (Asesmen dan Pemeriksaan Kesehatan). Hal ini disampaikan dalam keputusan Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK Periode 2022-2027.


Adapun empat nama yang tak lolos tersebut antara lain Junino Jahja (profesional non BUMN), Bambang Pamungkas, Pahala Nainggolan (ex-Kemenkeu) dan I.B. Aditya Jayaantara (OJK). Jika melihat nama nama yang lolos, dominasi calon dari Bank Indonesia dan Kemenkeu tetap masih ada.


Calon DK OJK yang lolos tahap III dari Bank Indonesia 6 orang terdiri dari pensiunan dan yang masih aktif ditambah 2 orang yang sudah bekerja di lembaga lain. Jadi, jumlahnya 8 orang. Jika termasuk Tirta Segara maka jumlahnya akan menjadi 9 orang.


Sementara ada 6 orang dari unsur Kemenkeu ditambah 1 orang dari Wamenkeu Mahendra Siregar. Sedangkan unsur OJK, tinggal 4 orang, Itu pun juga unsur dari BI (Tirta Segara), dan Etty Retno Wulandari (Ex-Kemenkeu) dan Hidayat Prabowo (ex-Mandiri) dan Hoesen (profesional).


Keputusan Pansel calon DK OJK tidak bisa diganggu gugat. Berikut ini daftar 29 nama calon anggota DK OJK yang lolos seleksi Tahap III yang diumumkan hari ini, Senin, 28 Februari 2022, dan ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi, Sri Mulyani Indrawati:


1- Firmansyah N. Nazaroedin, Ak., M.Sc., CA

2- Dr. Dian Ediana Rae, S.H., LL.M.

3- Dr. Iskandar Simorangkir, S.E., M.A., CRGP.

4- Doddy Zulverdi, S.E., MIA.

5- Mahendra Siregar, S.E., M.Ec.

6- Dr. Marwanto, MA

7- Budi Santoso, S.E., Ak., MForAccy., PGCS., CA., CFE., CPA. (AUST.)

8- Ir. H. Hariyadi, M.B.A., CERG.

9- Hidayat Prabowo

10- Ir. Difi Johansyah, M.B.A.

11- Dr. Adi Budiarso, FCPA.

12- Didik Madiyono, S.E., M.M.