EmitenNews.com—Beberapa waktu lalu, JCI Indonesia menggelar acara Inagurasi di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta. Melalui acara tersebut, Direksi Nasional 2023 secara resmi dilantik dan diperkenalkan untuk meneruskan tanggung jawab bersama dengan seluruh anggota baru JCI Indonesia kepengurusan 2023.


JCI (Junior Chamber International) merupakan organisasi kepemudaan berbadan hukum Indonesia yang saat ini sudah berusia 107 tahun di dunia dan 52 tahun di Indonesia, dengan 200.000 lebih anggota tersebar di 100 lebih negara dunia. Organisasi JCI berfokus pada 4 pilar, yakni Individual Development, Community Development, Business Opportunity, dan International Relationship.


Inagurasi kepengurusan JCI Indonesia 2023 dihadiri oleh perwakilan delegasi dari beberapa JCI luar negeri, diantaranya Jepang, Thailand, Hong Kong, Cambodia, Malaysia, Mongolia, Vietnam, Singapore, Filipina, Myanmar, dan Rusia. Selain itu, Bapak Diaz Hendropriyono selaku Staf Khusus Presiden pun turut mendukung dan hadir pada Inagurasi JCI Indonesia 2023.


Pada kesempatan ini, Sandiaga Uno selaku Menteri Parekraf RI juga ikut mensukseskan acara tersebut dengan memberikan speech kepada seluruh tamu yang hadir. Berhubungan dengan JCI ASPAC yang akan segera terlaksana di Jakarta pada bulan Mei mendatang, beliau sekaligus mengajak seluruh delegasi untuk mendatangkan rekan-rekan JCI seluruh dunia untuk hadir pada acara JCI ASPAC 2023.


Junior Chamber International (JCI) Asia Pacific Conference (ASPAC) 2023 akan diselenggarakan di Jakarta selama 4 hari dari tanggal 10-13 Mei 2023, yang akan dihadiri sekitar 5.000 delegasi anggota JCI dari berbagai negara di Asia Pasifik dan negara lainnya. ASPAC 2023 mengambil tempat Tennis Indoor Senayan GBK untuk acara pembukaan dan Hotel Sultan sebagai tempat utama acara berlangsung hingga penutupan.


Menjadi tuan rumah konferensi JCI tersebut dapat menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata khususnya MICE dan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19. Selain itu, dapat menjadi kesempatang besar dalam mempromosikan keindahan pariwisata lokal, menunjukkan potensi pemuda dan pengusaha muda dalam membina hubungan internasional, serta menjadi kesempatan mempromosikan organisasi JCI sebagai wadah pembentukan diri generasi muda global yang unggul.


Pada acara Inagurasi JCI Indonesia 2023, salah satu rangkaian penting yang juga terlaksana adalah Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan beberapa pihak. Dalam hal ini, JCI Indonesia bersinergi bersama dengan Jasa Raharja, Business Network International (BNI) Indonesia, dan VOffice Centennial Tower. Diharapkan, kerjasama yang dilakukan oleh beberapa pihak tersebut akan berdampak positif dan meningkatkan hubungan baik dalam jangka panjang.