EmitenNews.com—Mandiri Sekuritas telah memfasilitasi transaksi negosiasi sebanyak 17,6 juta lot efek bersifat ekuitas PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) pada harga jual dan  beli Rp3.536 per lembar pada perdagangan kemarin, Kamis(15/9/2022).


Berdasarkan data perdagangan saham GEMS nilai transaksi  yang telah difasilitasi anggota bursa dengan kode perdagangan CC  tersebut mencapai Rp6,24 triliun.


Sedangkan di pasar reguler, GEMS ditutup di level 7.450 dengan nilai transaksi Rp2,5 miliar setelah bergerak mulai level terendah 7425 hingga level tertinggi


Sebelumnya PT ABM Investama Tbk (ABMM) akan membeli sebanyak 1.764.705.900 lembar saham atau 30 persen porsi saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh di PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).


Rencana itu kian terang setelah ABMM dipilih menjadi pemenang lelang yang diadakan oleh GMR Coal Resources Pte. Ltd. selaku penjual 30 persen GEMS pada tanggal 31 Agustus 2021. 


Mengutip keterangan resmi emiten jasa konstruksi tambang batu bara itu yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (31/8/2022) bahwa nilai transaksi ini sebesar USD420 juta, ditambah dengan imbalan yang ditangguhkan.


Untuk melaksanakan pembelian itu, ABMM menunjuk anak usahanya PT Radhika Jananta Raya selaku pembeli.


Sedangkan ABMM Perseroan bertindak sebagai penjamin dari anak usaha tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali, menjamin kepada Penjual atas kinerja, dan kepatuhan yang semestinya dan tepat waktu.