EmitenNews.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengunjungi Sinergi Banjaratma. Ya, kedua menteri itu, melihat dari dekat Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma, besutan Sinergi Banjaratma, anak usaha PT PP (PTPP) bidang rest area.

Kunjungan dua menteri tersebut telah dilakukan pada Sabtu, 13 April 2024. Kunjungan kerja itu, dilakukan untuk meninjau arus balik Idulfitri 2024, dan kesiapan rest area sebagai fasilitas utama pemudik untuk beristirahat. Pada kunjungan di Rest Area KM 260B, kedua pembantu Jokowi tersebut berdialog dengan para pemudik.

Secara simbolis keduanya memberikan bingkisan kepada perwakilan UMKM dari pelaku seni dan perwakilan karyawan perhubungan darat. Turut hadir dalam agenda kunjungan kerja yaitu Direktur Utama PT PP Sinergi Banjaratma Dina Yunanda, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Budi Darmawan, Kepala Kepolisian Resort Kabupaten Brebes AKBP Guntur M. Tariq, dan Komandan Komando Distrik Militer Kab. Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto. 

Rest area heritage KM 260B Banjaratma merupakan salah satu anak usaha PTPP dengan kepemilikan saham mayoritas 79 persen berlokasi di ruas Tol Pemalang-Pejagan ke arah Jakarta atau berada di KM 260B Banjaratma, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Rest area itu, disebut heritage karena memiliki bangunan unik.

Di mana, sebelumnya merupakan bangunan pabrik gula didirikan tahun 1908 oleh HVA, salah satu perusahaan perkebunan Belanda berpusat di Amsterdam. Lalu, direvitalisasi dan dioperasikan sebagai rest area pada 2019. Selama periode mudik hari raya idulfitri 2024, total kendaraan pemudik masuk Rest Area Heritage KM 260B Banjaratma tercatat 72.277 unit, terhitung sejak 5-14 April 2024. 

Pada rest area itu, ada 200 booth UMKM terdiri dari kuliner nusantara, oleh-oleh, kerajinan tangan, gerabah, lukisan, baju batik, dan beberapa wahana permainan anak. Nah, dalam mendukung pemerintah menyukseskan periode mudik hari raya idulfitri 2024, ada beberapa fasilitas tambahan dioptimalkan manajemen seperti posko siaga gabungan (TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Dinkes, IBI, BPBD), posko mudik pelayanan bank, pertamina siaga, kesehatan, BPJS, otomotif, dan event live music secara gratis dapat dinikmati para pemudik. 

Selain itu, ada juga beberapa kegiatan selama lebaran yang menjual minuman, obat-obatan, jamu herbal langsung dari pabrik baik dalam gedung, dan taman bermain sekitar Masjid As safar. PTPP melalui anak usaha turut serta mensukseskan kegiatan mudik Idulfitri 2024 melalui optimalisasi fasilitas rest area KM 260B Banjaratma. 

Selain sebagai fasilitas untuk para pemudik beristirahat, dalam area juga terdapat UMKM. Dengan adanya pemudik singgah dapat meningkatkan potensi penjualan. ”Kami akan terus berupaya mendorong program pemerintah melalui pembangunan infrastruktur nasional, dan memajukan UMKM seluruh Indonesia,” tegas Novel Arsyad, Direktur Utama PTPP. (*)