EmitenNews.com - PT Bentoel Internasional Investama (RMBA) memperkuat modal Bentoel Distribusi Utama (BDU) senilai Rp1,25 triliun. Itu dilakukan melalui anak usaha perseroan yaitu Bentoel Prima (BP). Caranya, BP menyerap 1.257.978 alias 1,25 juta saham baru BDU bernominal Rp1 juta.


Menyusul transaksi itu, konfigurasi kepemilikan saham BDU otomatis berubah. Sekaligus menahbiskan BP sebagai pengendali anyar BDU. ”Transaksi untuk penguatan modal Bentoel Distribusi Utama,” tutur Dinar Shinta Ulie, Corporate Secretary Bentoel Internasional Investama. 


Dengan begitu, Bentoel Prima menjadi pengendali baru Bentoel Distribusi Utama dengan koleksiyonu 1,25 juta lembar senilai Rp1,25 triliun. Lalu, Bentoel Internasional Investama dengan 499 lembar senilai Rp499 juta. Transaksi afiliasi tersebut telah dilakukan pada 28 April 2022.


Afiliasi itu terjadi karena Bentoel Prima anak usaha perseroan. Itu ditunjukkan perseroan dengan porsi kepemilikan 99,9 persen saham Bentoel Prima. Bentoel Distribusi Utama juga anak usaha perseroan dengan kepemilikan 99,8 persen dari modal ditempatkan dan disetor BDU. 


Transaksi afiliasi itu, klaim manajemen tidak mempengaruhi kinerja, operasional, aktivitas, hukum, dan jalannya kegiatan usaha perseroan sebagai perusahaan terbuka. (*)