EmitenNews.com - PT Waskita Karya (WSKT) menyuntik modal usaha Waskita Bumi Wira (WBW) senilai Rp62,30 miliar. Penguatan modal itu, dilakukan perseroan via Waskita Toll Road (WTR). Caranya, WTR menyerap 62.308 saham yang diterbitkan WBW. 


Nilai transaksi itu 0,40 persen dari ekuitas Waskita Karya Rp15,46 triliun per September 2021. Nilai transaksi itu, juga setara 0,27 persen dari ekuitas WTR sejumlah Rp23,50 miliar sebagaimana terlihat dari laporan konsolidasi WTR untuk tahun berakhir pada September 2021.


Transaksi itu, termasuk afiliasi karena WTR sebagai anak perusahaan perseroan. Di mana, Waskita Karya memiliki 87,60 persen melakukan transaksi dengan WBW, anak usaha WTR dengan kepemilikan 99,90 persen. Selain itu, transaksi juga tergolong material karena nilai rangkaian transaksi lebih dari 20 persen dari ekuitas perseroan. Transaksi tidak menggunakan penilai untuk menentukan nilai wajar dari objek transaksi, afiliasi dan/atau kewajaran transaksi, karena transaksi untuk restrukturisasi.


Transaksi itu, dilatari kepentingan untuk memenuhi kebutuhan pendanaan WBW. Dengan peningkatan modal dari WTR itu, WBW diharap dapat memaksimalkan kinerja usaha, dan akan memberi nilai tambah bagi perseroan sebagai pemegang saham WTR. (*)