EmitenNews.com - Dalam upaya memperkuat ekosistem Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan untuk terus mendorong penguatan kapasitas dan pemberdayaan digitalisasi. 

Pernyataan ini disampaikan saat Wamendag Jerry menghadiri kegiatan Sosialisasi Kebijakan di Bidang Perdagangan Sistem Elektronik (E-Commerce) di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, pada Sabtu (3/2).

Wamendag Jerry menyampaikan keyakinannya bahwa penguatan kapasitas dan digitalisasi UMKM akan memberikan ruang bagi produk-produk UMKM Indonesia untuk berkembang. Dengan fokus pada pilar pertumbuhan ekonomi Indonesia, Wamendag Jerry menekankan pentingnya memperkuat ekosistem UMKM dengan mendukung lokapasar, ritel modern, dan lembaga pembiayaan.

"Dalam era digital ini, UMKM perlu memanfaatkan platform-platform seperti lokapasar dan media sosial untuk optimalisasi bisnis mereka. Digitalisasi tidak hanya bermanfaat bagi pelaku usaha lokal, tetapi juga bagi konsumen dan perekonomian Indonesia secara keseluruhan," jelas Wamendag Jerry, dikutip Senin (5/2).

Wamendag Jerry juga mengumumkan adanya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023, yang bertujuan mendukung digitalisasi UMKM dan meningkatkan perlindungan konsumen. Hal ini diharapkan akan menciptakan ekosistem niaga elektronik yang adil dan sehat, sejalan dengan perkembangan teknologi.

Dalam kunjungan kerjanya, Wamendag Jerry melanjutkan kegiatan Sosialisasi Penyebaran Informasi Peluang Produk di Negara Mitra di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. 

Dalam kesempatan ini, Wamendag Jerry bersama Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono, menyoroti bahwa Indonesia telah berhasil menandatangani dan mengimplementasikan 37 perjanjian perdagangan. Hal ini diharapkan memberikan peluang lebih luas kepada pelaku usaha untuk berkembang di pasar internasional.

Wamendag Jerry menekankan pentingnya informasi akses pasar ekspor bagi pelaku usaha yang ingin masuk ke pasar global. Dengan kondisi geopolitik yang terus berubah, Wamendag Jerry mendorong pelaku usaha yang berorientasi ekspor untuk mengambil strategi yang adaptif dan melakukan diversifikasi negara tujuan ekspor.

"Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada para pelaku UMKM berorientasi ekspor melalui berbagai program dan insentif," tambahnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerja di Sulawesi Utara, Wamendag Jerry juga menghadiri kegiatan Sosialisasi Kemudahan Berusaha di Kota Manado pada hari yang sama. Dalam kesempatan ini, Direktur Bina Usaha Perdagangan, Septo Soepriyatno, turut mendampingi, menekankan bahwa Kementerian Perdagangan terus mendukung UMKM untuk meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional. Upaya ini diimbangi dengan imbauan kepada pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk segera mengurus legalitas usahanya.

"Kementerian Perdagangan konsisten dan berkesinambungan melakukan kegiatan sosialisasi di berbagai daerah, khususnya di Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini sekaligus untuk memastikan program yang ada dan yang akan datang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mengenai pemanfaatan digitalisasi oleh UMKM," pungkas Jerry.