EmitenNews.com -Tawarkan investasi ramah lingkungan, PT BNP Paribas Asset Management (AM) bersama Standard Chartered Indonesia menghadirkan solusi produk investasi berbasis ESG. Solusi ini untuk diversifikasi investasi investor agar lebih optimal dengan adanya dua pilihan reksa dana yakni BNP Paribas Indonesia ESG Equity dan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth 30.

Presiden Direktur PT BNP Paribas AM , Priyo Santoso dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, investasi berbasis ESG menjadi solusi yang relevan dengan perkembangan pasar saat ini. Sebab, investor dapat berinvestasi sambil memberikan dukungannya terhadap isu keberlanjutan lewat pengukuran aspek ESG yang diterapkan dalam investasinya.“Sementara bagi investor yang memprioritaskan transparansi serta tren pertumbuhan yang baik, dapat diakomodasi lewat reksa dana indeks," jelas Priyo.

Sementara Head of Wealth Management Standard Chartered Indonesia, Meru Arumdalu mengatakan, penambahan dua produk dari BNP Paribas AM ini ke dalam produk suite dapat memberikan pilihan produk reksa dana yang lebih komprehensif untuk nasabah Standard Chartered Indonesia."Hal ini sejalan dengan komitmen kami yakni membantu mewujudkan tujuan investasi nasabah kami," kata Meru.   

Sejalan dengan komitmen kedua pihak dalam mendorong pertumbuhan investasi yang lebih berkelanjutan, penambahan kedua reksa dana ini diharapkan semakin memperkuat kemitraan PT BNP Paribas AM dan Standard Chartered Indonesia untuk mendukung investasi di pasar Indonesia sambil tetap mempertahankan aspek inovasi yang mampu menangkap peluang pertumbuhan

BNP Paribas Indonesia ESG Equity merupakan reksa dana berbasis ESG yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan, sosial dan tata kelola lewat pemilihan saham dalam portofolio reksa dana, yang mengikuti standar pemilihan ESG yang digunakan oleh BNP Paribas Asset Management di seluruh dunia. Reksa dana ini memperkenalkan kepada investor indikator Skor ESG dan Jejak Karbon yang dihitung di level portofolio reksa dana secara keseluruhan, guna memberikan transparansi kepada investor akan pencapaian kontribusi ESG tersebut.

Sementara itu, BNP Paribas IDXGrowth 30 mereplikasi penuh isi konstituen Indeks IDX Growth30. Reksa dana ini bertujuan untuk mengikuti kinerja indeks IDX Growth30, yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

BNP Paribas AM dan Standard Chartered Indonesia optimistis dengan kehadiran dua produk reksa dana tersebut dapat melengkapi solusi kebutuhan bagi para nasabah dan investor Standard Chartered Indonesia dalam berinvestasi ke dalam portofolio saham untuk mencapai peluang pertumbuhan di pasar modal Indonesia. Apalagi berdasarkan data di tahun 2021, jumlah pertumbuhan investor reksa dana meningkat dan dibarengi bertumbuhnya dana kelolaan reksa dana yang mencapai Rp 496 triliun.