EmitenNews.com - Subsidi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) merupakan salah satu upaya untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi. Percepatan tersebut menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati diwujudkan melalui penciptaan nilai tambah yang tinggi, perluasan kesempatan kerja, serta penggunaan energi ramah lingkungan sehingga dapat menurunkan emisi, serta efisiensi subsidi energi.

 

"Dukungan terhadap KBLBB ini merupakan upaya untuk mendorong percepatan transformasi ekonomi," kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

 

Menurut Sri Mulyani, percepatan tersebut diwujudkan melalui penciptaan nilai tambah yang tinggi. Lalu, perluasan kesempatan kerja, serta penggunaan energi yang ramah lingkungan sehingga dapat menurunkan emisi, serta efisiensi subsidi energi.

 

Dukungan terhadap pengembangan ekosistem industri KBLBB juga dilakukan di banyak negara. Selain Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa, sejumlah negara Asia juga melakukan pengembangan ekosistem industri KBLBB, seperti China, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. ***