EmitenNews.com -PT Dosni Roha Indonesia Tbk (ZBRA) melepas kepemilikan saham (divestasi) tiga anak usahanya yaitu PT Zebra Energy (ZE), PT Surabaya Arthautama Bersama (SAB) dan PT Infiniti Sentra Data (ISD) kepada PT Infiniti Wahana (IW).

Sekretaris Perusahaan ZBRA, Ida Widayani mengatakan penjualan seluruh saham anak usaha ini dilakukan perseroan demi memaksimalkan bisnis dan efisiensi usaha. Tujuan lainnya adalah demi mengembalikan core bisnis usaha perseroan.

"Divestasi ini akan menghasilkan suatu perusahaan yang lebih sesuai dengan tujuan dan maksud agar lebih fokus kepada pengembangan potensi/ peluang usaha sesuai dengan jenis dan bidang usaha perseroan saat ini," ujar Ida dalam keterangannya, Senin (22/1).

Secara rinci, penjualan saham anak usaha ZE kepada IW dengan nilai Rp9.210.993.382. Sementara itu nilai penjualan saham SAB kepada IW sebesar Rp250 juta. Kemudian ISD dijual senilai Rp1. Adapun porsi saham yang dimiliki perseroan terhadap tiga anak usahanya yang kemudian dijual sebesar 99 persen.

"Transaksi ini juga bukan merupakan transaksi material sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 17/POJK.04/2020 tanggal 20 April 2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha," pungkasnya.