EmitenNews.com - PT Semen Gresik, unit usaha PT Semen Indonesia (SIG) mendukung gerakan belanja produk UMKM Jawa Tengah (Jateng). German itu, diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk mendukung percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan  menumbuhkan budaya bangga menggunakan produk UMKM.


Bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, melalui Rumah BUMN (RB) Rembang, PT Semen Gresik meluncurkan paket lebaran dalam program “Bingkisan Berkah UKM Rembang” yang dilaunching Bupati Rembang, Abdul Hafidz bersama Direktur Utama Semen Gresik, Subhan, dan diikuti secara virtual Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng, Ema Rachmawati, pada Kamis (14/4)


Paket lebaran ditawarkan di antaranya produk makanan, minuman, kriya atau craft, fashion, hingga batik khas Rembang dengan pilihan kemasan menarik, dan harga beragam. Di antaranya yaitu paket Khuldi senilai Rp100 ribu, paket Al-Maqamul Rp200 ribu, paket Darussalam Rp260 ribu, paket Darul Muqamah Rp300 ribu, paket Mawa Rp500 ribu hingga paket Firdaus senilai Rp1 juta.


Direktur Utama PT Semen Gresik, Subhan mengatakan, program Bingkisan Berkah UKM Rembang atau parsel lebaran itu, kontribusi nyata Semen Gresik melalui Rumah BUMN Rembang dalam menyerap produk UMKM agar mampu bertahan, berkembang, dan tumbuh di tengah tantangan pandemi Covid-19.


”Sejak didirikan Agustus 2020, Rumah BUMN Rembang telah memberikan progres menggembirakan. Hingga Maret 2022, Rumah BUMN Rembang berhasil mencapai nilai transaksi Rp1,4 miliar, ke depan harus ditingkatkan sebagai mesin perekonomian UMKM. Saya berharap, target omzet penjualan parsel lebaran dari Rumah BUMN kali ini bisa mencapai setengah miliar dan menjadi tertinggi di antara kabupaten/kota di Jateng,” jelas Subhan.


Rumah BUMN bisa menjadi rumah besar bersama bagi ratusan UMKM binaan di wilayah operasional perusahaan. Karena itu, Semen Gresik berkomitmen menguatkan sinergitas dengan Pemkab Rembang, tidak lelah melakukan inovasi dalam mendampingi, memfasilitasi, dan mengembangkan UMKM. ”Saya sangat mengapreasi inisiasi, dan kontribusi Semen Gresik mendukung eksistensi, dan pertumbuhan UMKM dengan melakukan penjualan parsel lebaran hasil produk UMKM melalui Rumah BUMN Rembang,” tegas Bupati Rembang Abdul Hafidz. 


Sejumlah produk UMKM Rembang sudah gemilang, dan mampu bersaing dibuktikan dengan dipasarkannya produk tersebut di belasan toko retail modern ternama. Itu salah satu upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional, dan membangkitkan kecintaan pada produk dalam negeri.


Vera Damayanti pemilik usaha kopi UD Cangkir di Kabupaten Rembang, UMKM binaan Rumah BUMN Rembang, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Pengadaan Bingkisan Berkah UMKM dapat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara gratis.


“Kami sangat bersyukur dengan program Bingkisan Berkah UKM dapat membantu usaha promosi kami, tentu hal ini juga dirasakan para pelaku UMKM lain. Terima kasih untuk Semen Gresik dalam pembinaan UMKM, semoga program seperti ini berlangsung setiap tahun,” harap Vera. (*)