EmitenNews.com—Perusahaan jasa angkutan laut PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) terus berupaya meningkatkan kinerjanya. Kali ini perseroan menopang entitas usahanya untuk memiliki aset baru berupa sebuah kapal Tug Boat.

 

Merujuk pernyataan resmi manajemen HITS yang di kutip, Sabtu (25/3/2023). Bahwasanya telah terjadi pembelian 1 unit kapal Tog Boat oleh unit usaha perseroan yaitu PT Humpuss Transportasi Curah pada 21 Maret 2023.

 

Penjual dari kapal tersebut adalah PT Dok Bahari Nusantara, sebuah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Indonesia dan berdomisili di Cirebon, Jawa Barat, dan bukan merupakan afiliasi dari Perseroan.

 

Sedangkan pembeli dari Kapal Tug Boat ini adalah Humpuss Transportasi Curah yang merupakan entitas usaha terkendali perseroan dengan kepemilikan saham langsung sebesar 99,9 persen, melalui PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI).

 

"Adapun nilai transaksi untuk pembelian kapal Tug Boat Semar 28 yang nantinya diharapkan bisa mendongkrak kinerja perseroan ini rogoh kocek Rp84 miliar," Ujar Tonny Aulia Achmad Direktur Utama HITS.

 

Berdasarkan nilai perolehan tersebut, transaksi ini bukan merupakan transaksi material, sebagaimana didefinisikan dalam POJK No.17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan Usaha (POJK 42) karena nilai transaksi tak melebihi dari 20 persen ekuitas berdasarkan data laporan keuangan auditan tahun buku 2020.