EmitenNews.com - PT Aneka Tambang (ANTM) membangun Rumah Klinik Oksigen di Kecamatan Nanggung untuk keperluan oksigen medis di sekitar wilayah Bogor. Rumah Klinik Oksigen merupakan fasilitas yang berisi 10 unit oksigen concentrator 10 liter dan 10 unit ranjang pasien diresmikan Bupati Kabupaten Bogor, Ade Yasin bersama General Manager Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas, Muhidin.

 

Corporate Secretary Division Head ANTAM, Yulan Kustiyan menyebutkan Rumah Klinik Oksigen yang dikelola Puskesmas Nanggung ini merupakan komitmen perusahaan dalam melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Khususnya, implementasi pada Pilar Sinergi Unggul di sektor Kesehatan dalam membantu penyediaan oksigen medis bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi UBP Emas maupun di Kabupaten Bogor.

 

"Pembangunan Rumah Klinik Oksigen diharapkan dapat membantu meningkatkan dukungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Rumah Oksigen ini berfungsi sebagai pertolongan pertama bagi pasien Covid-19 OTG (Orang Tanpa Gejala) dan bergejala ringan yang mengalami penurunan saturasi oksigen saat menjalani isolasi mandiri di rumah ataupun di fasilitas isolasi pemerintah daerah setempat, sehingga diharapkan kondisi pasien dapat membaik dan tidak mengalami penurunan kondisi secara medis," kata Yulan pada keterbukaan Informasi, Jumat (24/9).

 

ANTAM sebagai anggota dari MIND ID (Mining Industry Indonesia), BUMN Holding Industri Pertambangan, ANTAM mengedepankan pemenuhan aspek TJSL terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi dan lingkungan hidup, termasuk aspek kesehatan masyarakat.

 

"Hal ini yang mendorong keterlibatan ANTAM memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk membangun Rumah Klinik Oksigen dalam penanganan kesehatan masyarakat yang membutuhkan terapi oksigen secara cepat dan layak," tambah Yulan.

 

Pembangunan Rumah Klinik Oksigen tersebut merupakan salah satu komitmen ANTAM dalam membantu mempercepat penanganan Covid-19 terutama di sekitar wilayah Unit Bisnis sejalan dengan tujuan keberlanjutan perusahaan untuk tumbuh berkembang bersama masyarakat.