EmitenNews.com -PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk. (ELPI) telah meningkatkan modal dasar dan modal disetor pada anak usahanya yaitu PT Samudra Luas Sejahtera Abadi (SLSA) pada tanggal 11 Agustus 2023.

 

Dalam keterangan tertulisnya Wawan Heri Purnomo Corporate Secretary ELPI Selasa (14/8) menuturkan bahwa ELPI telah meningkatkan modal dasar dan modal disetor pada SLSA dari semula Rp60 miliar menjadi Rp100 miliar berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Para Pemegang Saham nomor 32 tanggal 11 Agustus 2023 dibuat oleh Emmyra Fauzia Kariana, S.H., M.Kn Notaris di Jakarta Selatan.

 

Lebih lanjut Wawan memaparkan selanjutnya ELPI menambah bagian kepemilikan saham pada PT Bumi Nusantara Armada (BNA) sebanyak 12.800 lembar saham atau senilai Rp12,8 miliar dan menambah bagian kepemilikan saham PT Liken Mulia Kretayasa (LMK) sebanyak 6.400 lembar saham atau senilai Rp6,4 miliar.

 

Dengan demikian, pasca peningkatan modal maka kepemilikan ELPI dalam SLSA menjadi 52.000 lembar saham atau 52% saham SLSA dengan nominal Rp52 miliar dan BNA memiliki 32.000 lembar saham atau 32% saham SLSA senilai Rp32 miiar selanjutnya LMK memiliki 16.000 lembar saham atau 16% saham senilai Rp16 miliar.

 

"Peningkatan Modal pada SLSA ini memberikan dampak positif bagi kinerja SLSA dan secara tidak langsung kepada ELPI karena terkonsolidasi dan memperkuat kas serta modal SLSA untuk menunjang operasional di bidang Bulk and Transshipment,"tuturnya.

 

Saat ini SLSA telah memiliki Mother Vessel Maharaja Nusantara S01 yang direncanakan mulai beroperasi estimasi bulan Agustus-September 2023 dan SLSA tetap menjadi entitas anak dengan prosentasi 52% bagian kepemilikan dari ELPI.

 

Wawan menambahkan peningkatan Modal yang dilakukan ELPI ini dalam rangka Ekpansi, Investasi dan Pengembangan SLSA termasuk akan tetapi tidak terbatas pada pembentukan Perseroan Terbatas, Penyertaan Modal Perusahaan Baru, modal pada anak, entitas, kerjasama operasi, joint venture yang akan dilakukan kedepan sesuai dengan salah hasil keputusan RUPS dan RUPSLB yang digelar pada tanggal 25 Mei 2023.