EmitenNews.com - MNC Land (KPIG) akan melakukan private placement Rp886,88 miliar. Itu dengan melepas maksimal 8.868.829.933 helai alias 8,86 miliar saham baru. Penerbitan saham anyar itu, dibalut dengan nilai pelaksanaan Rp100.


Saham baru tersebut, juga dilabeli dengan nilai nominal Rp100. Berdasar skenario, private placement akan digeber pada 28 November 2023. Lau, pemberitahuan hasil private placement pada 30 November 2023. Sayangnya, eksekutor aksi tersebut masih misterius.


Rencana tersebut sudah mendapat restu investor melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) perseroan pada 28 Juni 2023 lalu. Sekadar informasi, emiten besutan Hary Tanoesoedibjo itu, tengah fokus mengakselerasi pembangunan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Jawa Barat. Pengerjaan proyek prestisius itu, akan memakan waktu sekitar 20 tahun. Dengan beragam pekerjaan didalamnya, KEK Lido ditaksir menyedot modal kerja Rp30-35 triliun.


Belanja investasi sebanyak itu, berasal dari penjualan properti, investor, dan institusi perbankan. Kontribusi pendapatan KEK Lido akan menjadi sumber pendapatan mayoritas dengan kombinasi pendapatan berkelanjutan (recurring income) dan pendapatan penjualan (development income) signifikan.


Sejak penetapan peraturan pemerintah atas KEK Lido pada 2021, perseroan telah menuntaskan beberapa proyek. Misalnya, Lido Adventure Park, Lido Music and Arts Center, dan Movieland tahap 1. Selain itu, proyek Lapangan Golf 18-hole berstandar world championship beserta club house juga ditargetkan selesai pada awal 2024. 


Proyek lain dengan pembangunan segera dimulai antara lain MNC Park (theme park berskala internasional pertama di Indonesia seluas 49 hektare) dan Lido World Garden (destinasi edukasi keluarga seluas 17 hektar akan menghadirkan beragam jenis flora, dan landmark peradaban manusia bersejarah, dan ikonik). 


Tidak tanggung-tanggung, untuk menyuguhkan lapangan golf kelas global, kerja sama dengan Trump Organization masih berlangsung. Di mana, perseroan menunjuk Trump Organization sebagai operator atas Lapangan Golf 18-hole berstandar world championship, dan Clubhouse. (*)