EmitenNews.com - MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) menginjeksi modal Sports Direct Indonesia (SDI) USD10 juta. Pinjaman itu setara Rp162,44 miliar dengan kurs tengah Bank Indonesia di level Rp16.244 per dolar Amerika Serikat (USD). Pinjaman kepada anak usaha itu, telah diteken pada 24 April 2024.

Pemberian fasilitas tersebut tidak gratis. Pinjaman itu, dibalut dengan tingkat bunga 7,75 persen per tahun. Pinjaman akan jatuh tempo dan harus dibayar penuh lima tahun sejak tanggal facility agreement yaitu pada 28 Maret 2029 atau pada tanggal terjadinya peristiwa cidera janji (mana terjadi lebih dahulu). 

Kecuali para pihak menyepakati lain jangka waktu pinjaman akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu enam bulan. Transaksi itu dilakukan untuk mengembangkan bisnis SDI, dan merupakan bentuk dukungan perseroan sebagai pemegang saham SDI. 

Maklum, SDI memerlukan dukungan pendanaan antara lain untuk modal kerja. Tepatnya, untuk pembukaan, dan operasional toko, pembelian barang dagangan, dan menjaga ketersediaan barang dagangan untuk dijual di toko-toko SDI dengan asa dapat memperkuat portofolio bisnis sehingga pada akhirnya mendongkrak pendapatan, dan laba perseroan. 

Transaksi dilakukan dengan pihak afiliasi karena lebih efisien secara proses administrasi sehingga SDI dapat segera menggunakan fasilitas untuk melaksanakan kegiatan usaha. Dan, oleh karena itu, pinjaman dapat memastikan perkembangan bisnis SDI, dan pada akhirnya dapat menghasilkan pendapatan, dan laba bagi perseroan. (*)