EmitenNews.com -Event lima tahunan pemilihan umum Presiden dan wakil Presiden yang akan dilakukan pada awal 2024, memang menjadi magnet tersendiri dalam segala hal. Termasuk yang tertarik oleh magnet pemilu ini adalah roda perekonomian dan sektor bisnis, dimana para pelaku bisnis masih menantikan arah kebijakan calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia dalam berbagai program kerjanya.

Salah satu perusahaan yang masih mencermati hal itu adalah produsen bir, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI). Merujuk risalah paparan publik MLBI yang di kutip, Senin (4/12/2023). Manajemennya menyatakan, sebagai sebuah perusahaan, kami optimis bahwa pasar akan benar-benar berkembang dan pulih lebih cepat dibandingkan dengan tahun ini. Pembelajaran dari tahun-tahun sebelumnya adalah bahwa pasar selalu mengandung berbagai ketidakpastian sehingga kita harus selalu waspada dan tetap tangkas dalam menghadapi apapun yang akan dibawa oleh pasar tahun depan. 

Saat ini banyak sekali pendapat yang berkembang di pasar, ada yang mengatakan bahwa tahun depan akan menjadi tahun yang luar biasa dengan akan banyaknya dana yang akan diinjeksikan ke dalam perekonomian, semua pihak akan bertumbuh dengan pesat, namun ada juga yang berpandangan pesimis, bahwa akan terjadi perlambatan pasar, khususnya hingga pemerintahan baru terbentuk. 

Namun kami berencana untuk terus bertumbuh, meningkatkan pangsa pasar kami dan kinerja kami. Harus kami akui bahwa kami tidak bisa mengendalikan siklus pasar, namun kami bisa mengendalikan aspek-aspek internal dalam bisnis kami. Dan kami dapat mematikan bahwa itulah yang selalu kami lakukan. 

Saat ini kami yakin bahwa portfolio kami sudah tepat, penjualan kami menggembirakan dan jalur menuju konsumen (route to consumer) sangat baik. Kami juga memiliki budaya perusahaan yang baik serta tim yang berkinerja sangat tinggi. Kami berharap dimulai dari tahun depan, bisnis kami akan terus bertumbuh dan dunia pariwisata kembali pulih melebihi tahun-tahun sebelumnya.

Adapun kurun waktu yang lalu, MLBI  telah meluncurkan produk barunya Bintang Anggur Merah dan Tiger Soju. Perseroan mengklaim bahwa produk itu diterima dengan sangat baik oleh pelanggan dan konsumen kami sebagaimana yang terjadi pada saat kami meluncurkan Bintang Crystal beberapa tahun yang lalu. 

“Memang pasar Indonesia memiliki tantangan tertentu, dimana terdapat pembatasan dalam beberapa aspek, seperti dalam iklan dan beberapa hal lainnya. Namun, bagi kami inilah saat yang tepat untuk membangun merek lebih lanjut, dimana saat ini sudah banyak kemajuan yang dicapai setelah diluncurkannya Bintang Crystal,” tulis Manajemen MLBI dalam risalah paparan publik itu.

Terkait dengan kontribusi Bintang Anggur Merah dan Tiger Soju terhadap pendapatan Perseroan, kami tidak dapat mengungkapkan berapa besar kontribusi merek-merek ini terhadap pendapatan kami, namun kami dapat memastikan bahwa inovasi menjadi bagian utama dari strategi kami untuk mengembangkan portofolio yang kokoh. 

MLBI bermaksud untuk terus berinvestasi pada inovasi, baik untuk menjamin pertumbuhan merek Bintang Anggur Merah dan Tiger Soju Flavoured Lager, maupun membawa inovasi-inovasi lain yang relevan ke pasar.