EmitenNews.com—PT Murni Sadar Tbk (MTMH) menyampaikan bahwa perseroan telah mengakuisisi atau membeli saham sebesar 73,84% milik PT Horas Insani Abadi (HIA). HAI ini suatu perseroan terbatas yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, berkedudukan di Kota Pematang Siantar.

 

Direktur MTMH, Clement Zichri Ang menuturkan, transaksi ini akan memberikan dampak positif dari keberlangsungan operasional Perseroan, untuk memperkuat layanan kesehatan Perseroan yang lebih komprehensif dan dapat mendukung rencana pengembangan dan peningkatan bisnis Perseroan.

 

"Sehingga transaksi (akuisisi) ini akan menambah jaringan rumah sakit Murni Teguh Hospitals." katanya.

 

Ia menegaskan bahwa kejadian, informasi dan fakta material tersebut tidak berdampak merugikan terhadap kondisi keuangan dan kelangsungan usaha Perseroan.

 

Emiten milik keluarga taipan Martua Sitorus ini sendiri melalui Murni Sadar adalah pengelola rumah sakit Murni Teguh Hospitals. 

 

Per 31 Desember 2022, pemegang saham MTMH adalah PT Sumatera Teknindo 32,56%, Jacqueline Sitorus 21,15%, Andy Indigo 20,54%, dan masyarakat 25,75%. Adapun Jacqueline Sitorus adalah anak Martua Sitorus dan Andi Indigo merupakan keponakan Martua Sitorus. Martua sendiri merupakan salah satu pendiri Wilmar International, perusahaan kelapa sawit.