EmitenNews.com - Emiten milik konglomerat TP Rachmat, PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), makin agresif mengembangkan bisnis gadai mobil untuk melengkapi ekosistem binis mobil bekas.

ASLC yang juga sudah memiliki bisnis lelang (JBA) dan penjualan retail mobil bekas (Caroline.id) ini pada tanggal 28 Desember 2023 lalu, telah kembali menambahkan modal sebesar Rp 2,5 miliar untuk mengembangkan usaha gadai yang dijalankan anak usaha, PT Autopedia Sukses Gadai (ASG).

 

Dengan penambahan modal tersebut, ASLC telah meningkatkan total modal disetor dan total modal ditempatkan di ASG menjadi Rp 7,5 miliar atau 75% dari total modal dasar ASG sebesar Rp 10 miliar.

Tambahan dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan ekspansi cabang, terutama yang berlokasi dekat dengan pedagang mobil bekas.

 

Lebih jauh lagi, ASG juga giat berekspansi ke cabang-cabang JBA seperti JBA Jakarta Raya dan Jakarta Tipar untuk meningkatkan sinergi antara bisnis lelang dan bisnis gadai.

“Saat ini, ASLC memiliki cabang ASG untuk melayani kebutuhan pinjaman untuk kegiatan transaksi mobil bekas di JBA cabang Jakarta Raya dan Jakarta Tipar, serta sedang dalam proses membuka cabang ASG baru di Pondok Pinang,” kata Presiden Direktur Autopedia Sukses Lestari, Jany Candra dalam keterangan pers, Kamis (04/1).

 

Melalui berbagai ekspansi tersebut, ASLC berharap, bisnis gadai ini dapat meningkatkan penyaluran pinjaman untuk kegiatan transaksi mobil bekas baik di JBA, kepada pedagang mobil bekas maupun end users yang membutuhkan pinjaman.

Didukung optimisme akan prospek cerah dari bisnis usaha gadai, hanya dalam jangka waktu enam bulan setelah pendirian ASG, ASLC telah dua kali melakukan penambahan modal.

 

Pada bulan Oktober 2023, ASLC telah melakukan penambahan modal dalam jumlah yang sama, sebesar Rp 2,5 miliar.