EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada esok  Rabu (8/2), akan melakukan Pencatatan Perdana Empat emiten baru sebagai perusahaan tercatat ke-14, 15, 16 dan 17 pada tahun 2023.

 

Empat emten bartu tersebut PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), PT Haloni Jane Tbk (JANE), PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK), PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP).

 

PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), emiten properti logistik atau pergudangan mematok harga perdana Rp338 per saham dengan melepas sebanyak 650 juta Saham atau sebanyak 21,27% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp50 setiap saham. Sehingga dana yang diraup dari ipo ini senilai Rp70,2 miliar.


Selain saham, perseroan juga menerbitkan maksimum sebanyak 130 juta waran seri I yang melekat dalam saham baru perseroan tersebut atau 5,40% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.


Waran seri I diberikan cuma-cuma sebagai insentif. Setiap pemegang 1 saham baru perseroan berhak memperoleh 1 waran seri I dengan harga pelaksanaan Rp338 per saham. Dari penerbitan waran ini VAST mendapat dana tambahan sebesar Rp43,94 miliar. 


VAST menunjuk Erdikha Elit Sekuritas sebagai penjamin pelaksanan emisi efek.

 


Kemudian PT Haloni Jane Tbk (HALO) harga perdana dipatok paling rendah Rp100 per saham dari harga pada penawaran awal Rp100 - 150 per saham. Sehingga dana yang diraup dari ipo ini menjadi minim yaitu Rp113 miliar.


Emiten Bergerak dalam bidang barang dari karet untuk kesehatan itu melepas Sebanyak 1,130 miliar saham baru atau sebesar 20% dari jumlah seluruh modal disetor pada nilai nominal Rp10 setiap saham.


HALO juga menerbitkan sebanyak 565 juta Waran Seri I atau 12,5 % dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma bagi  pemegang 2 (dua) Saham Baru berhak memperoleh 1 (satu) Waran Seri I dengan Harga Pelaksanaan Rp150. Sehingga dari waran ini HALO raih tambahan dana Rp84,75 miliar.


Bertindak sebagai pelaksana emisi efek PT Danatama Makmur Sekuritas

 

Selanjutnya, PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP) memasang harga perdana Rp160 per saham dengan melepas sebanyak 200 juta saham atau 24,81% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh pada nilai nominal Rp10 setiap saham. Sehingga dana yang bakal diraup senilai Rp32 milyar.


PT Lotus Andalan Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap sisa Saham yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.