EmitenNews.com - Abu vulkanik erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara masih mengganggu wilayah udara pada Jumat (19/4/2024). Kondisi itu berdampak pada keamanan dan keselamatan penerbangan. Sedikitnya, 14 penerbangan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Sam Ratulangi Manado dibatalkan. Sejak Kamis (18/4/2024), sebanyak 33 penerbangan dari Manado juga terpaksa dibatalkan.

"Kami harus melakukan pemberhentian sementara karena alasan keselamatan penerbangan tentunya," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti, Kamis (18/4/2024).


Pembatalan total sebanyak 14 penerbangan dari Makassar ke Manado sejak Kamis (18/4/2024) hingga hari ini, Jumat (19/4/2024) itu, akibat erupsi Gunung Ruang di Manado, Sulawesi Utara. Maskapai penerbangan diimbau tidak lagi menjual tiket penerbangan ke Manado untuk sementara waktu, sampai keadaan memungkinkan.

Operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara ditutup untuk sementara waktu, Jumat (19/4/2024). Pasalnya, abu vulkanik erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Sitaro, yang berjarak sekitar 95 kilometer dari bandara, masih mengganggu wilayah udara. Partikel debu berdampak pada keamanan dan keselamatan penerbangan.

Dalam keterangan yang diterima, Jumat (19/4/2024), Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan, otoritas bandar udara telah menerbitkan notifikasi terkait kondisi tersebut. Erupsi yang terjadi sejak Selasa (16/4/2024), berdampak pada penutupan operasional bandara Manado.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memonitor penutupan bandara diperpanjang hingga Jumat (19/4/2024), pukul 06.00 – 18.00 WITA.

Distribusi abu vulkanik Gunung Ruang terpantau hingga Kabupaten Minahasa Utara pada Kamis (18/4/2024). Sejumlah wilayah kecamatan terdampak abu vulkanik, di antaranya Kecamatan Likupang Barat, Wori, Likupang Timur dan Likupang Selatan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Utara mengimbau warga untuk menggunakan masker dan tetap tenang, khususnya dalam menyikapi informasi hoaks, atau tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Kamis (18/4/2024) malam, pukul 23.00 WIB, BNPB memantau Pelabuhan Tagulandang dioperasikan untuk mobilisasi evakuasi dan pendistribusian bantuan kepada masyarakat terdampak.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) telah mengaktifkan pos komando di Desa Apengsala, yang berjarak 15 km dari Gunung Ruang.

Pascaerupsi eksplosif, jaringan listrik dan komunikasi lumpuh di Kampung Laing Patehi yang berada di Pulau Ruang. Di Desa Lumbo di Pulau Tagulandang, kondisi jaringan komunikasi tidak berfungsi secara optimal.

Pengungsian yang telah didata BPBD di Pulau Tagulandang berjumlah 272 KK atau 838 jiwa. Mereka berasal dari Desa Laingpatehi berjumlah 166 KK (506 jiwa) dan Desa Pumpente 106 KK (332 jiwa).

Info lainnya, PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado menutup sementara operasional bandara imbas erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Akibatnya,  33 penerbangan yang sudah dijadwalkan terpaksa dibatalkan sejak Kamis pagi.

"Kami harus melakukan pemberhentian sementara karena alasan keselamatan penerbangan tentunya," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti, Kamis (18/4/2024).

Penerbangan yang dibatalkan terdiri atas 18 pesawat kedatangan dan 15 keberangkatan. Kebijakan tersebut diambil Otoritas Bandara (Otband) karena abu vulkanik dari Gunung Ruang yang telah menyebar dan sampai Kota Manado.

"Dari hasil Koordinasi dengan beberapa sktakeholder yang terdiri dari Otband, BMKG, Airnav dan Maskapai Penerbangan, seluruh penerbangan hari ini Kamis 28 April 2024 ditutup untuk sementara waktu," tuturnya. ***