EmitenNews.com—Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906, Tbk (BWS) di 'AAA(idn)' dan Peringkat Nasional Jangka Pendek di 'F1+(idn)' . Outlook pada peringkat jangka panjang adalah Stabil. Daftar lengkap tindakan pemeringkatan berikut ini.


Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AAA(idn)' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.


Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1' menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan dibandingkan dengan emiten atau kewajiban lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional lembaga tersebut, peringkat ini ditetapkan ke risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara atau serikat moneter yang sama. Di mana profil likuiditas sangat kuat, "+" ditambahkan ke peringkat yang ditetapkan.


Peringkat Berbasis Dukungan: Peringkat Nasional Jangka Panjang BWS didorong oleh ekspektasi Fitch bahwa dukungan luar biasa akan mengalir dari induknya yang berbasis di Korea Selatan, Woori Bank (A/Stabil/a-), jika diperlukan.


Berlabuh ke Peringkat Viabilitas Induk : Peringkat BWS didorong oleh Peringkat Viabilitas induk, karena kami percaya ada ketidakpastian yang cukup mengenai apakah dukungan dari pemerintah Korea Selatan akan mengalir melalui Woori Bank ke BWS jika terjadi tekanan. Sebaliknya, kami percaya dukungan dapat diharapkan datang dari sumber keuangan mandiri Bank Woori.


Kemampuan yang Kuat untuk Mendukung: Fitch menganggap Woori Bank memiliki kemampuan yang kuat dan kecenderungan yang tinggi untuk memberikan dukungan kepada anak perusahaannya di Indonesia. Pada akhir tahun 2021, total aset BWS merupakan kurang dari 1% dari total aset konsolidasi Woori Bank, yang berarti dukungan yang diperlukan tidak akan material bagi Woori Bank.


Kecenderungan Tinggi untuk Mendukung: Penilaian dukungan kami juga didasarkan pada pandangan kami bahwa BWS penting bagi Woori Bank karena menyediakan layanan perbankan di Asia Tenggara, khususnya di pasar berkembang pesat di Indonesia. Woori Bank memiliki 84% dari BWS dan ada sejumlah warga negara Korea yang ditunjuk sebagai dewan.


Kami juga melihat dampak yang tinggi pada reputasi induk jika anak perusahaan Indonesia gagal bayar, karena Woori Bank dan BWS memiliki merek yang sama. Woori Bank juga memberikan bantuan teknis kepada BWS dalam manajemen risiko dan operasi TI serta dukungan likuiditas dan modal.