Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif:

 

Peningkatan Peringkat Nasional Jangka Panjang BSI kemungkinan akan dihasilkan dari peningkatan pentingnya BSI, atau industri perbankan syariah secara keseluruhan, bagi pemerintah. Peningkatan yang signifikan dalam pangsa pasar BSI dari sistem perbankan secara keseluruhan, sehingga kami yakin kepentingan sistemiknya telah meningkat, juga dapat mengarah pada peningkatan. Peningkatan juga dapat muncul dari penguatan profil kredit keseluruhan relatif terhadap seluruh entitas yang diperingkat pada skala peringkat nasional Indonesia.

 

Utang Subordinasi : Sukuk subordinasi BSI yang mematuhi Basel III diperingkat dua tingkat di bawah Peringkat Nasional Jangka Panjangnya. Kedua notch tersebut untuk tingkat keparahan kerugian, yang mencerminkan subordinasi sukuk dan pandangan kami tentang prospek pemulihan yang buruk dibandingkan dengan obligasi senior tanpa jaminan. Instrumen utang Tier 2 memiliki fitur write-down permanen yang melekat (pokok dan/atau bunga secara penuh atau sebagian) yang dapat dipicu ketika bank mendekati titik non-viabilitasnya.

 

Tidak ada notching tambahan untuk risiko non-kinerja, karena kami percaya bahwa non-kinerja dinetralkan oleh potensi dukungan kelembagaan dari Mandiri. Pendekatan ini berbeda untuk bank lokal yang tidak mendapat manfaat dari dukungan orang tua atau pemerintah tingkat tinggi; untuk tipikal bank Indonesia, standar notching Fitch untuk non-performance risk untuk obligasi subordinasi serupa adalah satu notch untuk memperhitungkan risiko kerugian kelangsungan usaha dari penangguhan kupon dan/atau pokok.

 

Sukuk menggabungkan fitur yang memungkinkan kupon ditangguhkan dan diakumulasikan jika posisi modal bank berada di bawah persyaratan minimumnya.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif:

 

Penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang BSI akan menyebabkan penurunan peringkat sukuk subordinasi. Penilaian ulang keparahan kerugian atau risiko non-kinerja yang mengarah ke pelebaran bentukan juga akan mengakibatkan penurunan peringkat.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif: