EmitenNews.com -Fitch Ratings Indonesia telah menerbitkan peringkat 'AAA(idn)' pada program obligasi rupiah keenam PT Astra Sedaya Finance (ASF, BBB/AAA(idn)/Stabil) dan tahap pertama obligasi yang diterbitkan di bawah program. Program ini bernilai hingga Rp12,0 triliun, dan obligasi tahap pertama terdiri dari:

 

- Seri A: Obligasi Rp527 miliar 5,50% jatuh tempo Juli 2024

- Seri B: Rp1.973 miliar obligasi 6,00% jatuh tempo Juli 2026

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AAA' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh agensi dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau surat utang dengan ekspektasi risiko gagal bayar terendah relatif terhadap semua emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama.

 

Obligasi tersebut diperingkat pada tingkat yang sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang ASF berdasarkan kriteria Fitch, karena mewakili kewajiban langsung dan tanpa jaminan ASF dan berperingkat pari passu dengan utang tanpa jaminan lainnya.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang ASF didorong oleh ekspektasi kami akan kemungkinan besar dukungan luar biasa dari induknya, PT Astra International Tbk (AI), jika diperlukan. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat "Peringkat Fitch Affirms Astra Sedaya Finance 'BBB'/'AAA(idn)'; Outlook Stabil" , diterbitkan pada 28 September 2022.

 

Faktor-Faktor yang Dapat, Secara Individual atau Bersama-sama, Menyebabkan Tindakan Peringkat Negatif/Penurunan Peringkat.

 

Penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang ASF akan berdampak pada tindakan serupa pada program obligasi rupiah dan peringkat penerbitannya.

 

Faktor-faktor yang Dapat, Secara Individual atau Bersama-sama, Menyebabkan Tindakan/Peningkatan Peringkat Positif

Tidak ada kenaikan peringkat program dan penerbitan obligasi rupiah karena berada pada titik tertinggi dalam skala nasional.