KB Bukopin
Sawit Sumbermas Sarana

Forbes 2022, Menkeu Sri Mulyani Kembali Masuk Jajaran Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

08/12/2022, 18:31 WIB

Forbes 2022, Menkeu Sri Mulyani Kembali Masuk Jajaran Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Sri Mulyani Indrawati dok JawaPos.

EmitenNews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk jajaran wanita paling berpengaruh di dunia. Pada 2022, Forbes kembali menempatkannya sebagai tokoh wanita berpengaruh. Pada 2021, Mbak Ani, begitu ia biasa disapa, juga masuk daftar wanita paling berpengaruh versi Forbes. Forbes, Kamis (8/12/2022), dalam Tops Forbes’ 19th Annual Ranking of the World’s Most Powerful Women, Sri Mulyani pada peringkat ke-47, naik dari tahun sebelumnya pada posisi ke-66.


Seperti diketahui Forbes memiliki penilaian tersendiri ketika menyusun daftar tersebut yakni dilihat dari empat metrik utama, mencakup uang, media, dampak, dan lingkup pengaruh. Daftar itu mewakili perempuan dalam enam kategori yaitu bisnis, teknologi, keuangan, media dan hiburan, politik dan kebijakan, serta filantropi.


Para wanita berpengaruh yang masuk daftar itu adalah yang mampu membuat pembangunan, disruptor, dan inovator di sektornya masing-masing, mulai dari pemerintahan, korporat, hingga dunia kreatif. Mereka memiliki pandangan yang modern dan visioner.


Forbes menyebutkan, daftar pada tahun ini memperlihatkan semakin banyak wanita yang memimpin pasar keuangan dunia. Hal ini tak lepas dari kondisi setahun terakhir yang dibayangi lonjakan inflasi dan ancaman resesi global.


Dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia tahun ini, lebih menyoroti wanita yang memimpin lembaga keuangan yang paling berpengaruh, mulai dari Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva Kristalina hingga Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen.


Wakil Presiden Eksekutif Forbes, Moira Forbes mengatakan, perempuan hebat saat ini di atas tingkat tertinggi di setiap industri dan perannya sangat berpengaruh. Dalam satu tahun menghadapi ketidakpastian dan ketidakstabilan, kekuatan perempuan sangat berperan bagi ekonomi dan politik untuk mengubah industri dan menyelesaikan masalah masyarakat. ***


Author: N A