EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan piala ke pemenang Formula E Jakarta, Mitch Evans. Tidak ada seremonial buka botol sampanye dalam perayaan pemenang Formula E Jakarta 2022, Sabtu (4/6/2022), sesuatu yang ramai diperdebatkan sebelumnya. Terlihat di atas panggung Formula E, di Ancol, Jakarta Utara, Presiden Jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Ketua Panitia Formula E Jakarta Ahmad Sahroni.


Penyerahan piala pemenang dilakukan bergantian. Anies Baswedan yang pertama kali menyerahkan piala ke tim pemenang balap Formula E. Lalu, disusul pihak ABB Indonesia untuk penyerahan piala juara 3, lalu Ahmad Sahroni menyerahkan piala ke juara 2, dan Presiden Jokowi menyerahkan piala ke juara 1.


Di atas panggung, usai penyerahan piala, Evan sebagai juara 1 sempat mengisyaratkan menanyakan botol sampanye. Namun, sampai akhir dipastikan tetap tak ada seremonial buka botol sampanye. Para pembalap mobil listrik itu pun kemudian turun panggung secara bergantian. Lalu tim pemenang beserta Evan kembali ke panggung untuk merayakan kemenangan, sambil berfoto-foto.


Kehadiran Puan Maharani, tokoh senior PDI Perjuangan, cukup menyedot perhatian. Apalagi, gestur putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, terlihat menikmati perhelatan ajang balapan mobil listrik tingkat dunia itu. Kontras dengan pernyataan-pernyataan politikus partai pemenang Pemilu 2019 itu, di DPRD DKI, yang cenderung mengkritik tajam.


Bersama Presiden Jokowi, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Puan Maharani. Mereka terlihat sudah berada di atas panggung tidak lama usai balapan berakhir. Acara lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu kebangsaan dari pebalap juara Jakarta E-Prix 2022 tersebut.


Anies Baswedan menyerahkan piala untuk kategori tim, kemudian menyalami para pebalap di podium. Setelah itu, piala untuk juara tiga, Edoardo Mortara, dan juara dua Jean Eric Vergne diserahkan oleh penyelenggara, Ahmad Sahroni. Jokowi kemudian menyerahkan piala ke Mitch Evans disambut tepuk tangan demikian ramai dari para penonton.


Jokowi, Anies hingga Puan sempat berfoto dengan para juara di atas panggung. Kemudian, ketiganya terlihat turun dari panggung. Para pebalap kemudian berswafoto mengarah ke penonton.


Keberhasilan Mitch Evans sebagai juara Formula E 2022 di Jakarta International Circuit E-Prix, Jakarta, Sabtu (4/6/2022), mencetak sejarah. Indonesia untuk pertama kalinya menyelenggarakan balap mobil listrik di Jakarta, yang dimenangkan pebalap dari tim Jaguar TCC Racing itu.


Mitch Evans finis pertama dengan catatan waktu terbaik 1.09.789. Di tempat kedua Jean Eric Vergne asal tim DS Techeetah dan tempat ketiga direbut pebalap tim Venturi, Eduardo Mortara.


Sebelumnya dalam sesi konferensi pers, Mitch Evan mengaku tak tahu soal karakteristik Sirkuit Formula E Jakarta. Ia tak sempat tanya dengan rekannya, Sean Gelael yang merupakan pebalap Indonesia. Mitch memutuskan untuk banyak belajar dan memahami sirkuit Formula E Jakarta yang dinilainya serupa dengan Sirkuit di Arab Saudi.


“Trek di sini berbeda, tetapi kami punya pengalaman di trek-trek seperti ini sebelumnya. Sekarang saya tinggal fokus dan berlatih lagi seperti biasanya. Kami sebelumnya tampil bagus di kondisi seperti ini. Semoga saja saya bisa mempelajari sirkuit dengan cepat,” ujar Mitch Evans. ***