EmitenNews.com - PT PP Presisi (PPRE) dan PT Pembangunan Perumahan (PTPP) menuntaskan pembangunan Jalan Tol Manado Bitung. Jalan bebas hambatan sepanjang 39,8 kilometer (km) itu, menghubungkan Manado, Kota Bitung hingga Danowudu.


Lazimnya, jalur tersebut ditempuh dalam tempo 1,5 jam sampai 2 jam. Kini, dengan pengoperasian Jalan Tol Manado Bitung dapat ditempuh hanya 30 menit. Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung-Danowudu dilakukan PP Presisi melalui sinergi dengan induk usaha PTPP mendukung sebagai subkontraktor.


Lingkup pekerjaan mulai cut and fill, lapisan pondasi agregat, lean concrete sampai dengan perkerasan beton. Pengerjaan jalan Tol Manado-Bitung memakan waktu 4,5 tahun mulai 16 November 2017. ”Kami menggarap sepanjang 25,7 km dari KM 14,1 sampai KM 39,8 dengan lingkup pekerjaan penggalian sampai perkerasan beton dengan alat berat 140 unit terdiri slipform paver, excavator, vibro roller, batching plant, dump truck, truck mixer, grader, dan wheel excavator,” tutur Rully Noviandar Direktur Utama PP Presisi, Senin (28/2).


PP Presisi akan terus melakukan sinergi dengan PTPP dalam pekerjaan sipil dengan pekerjaan lebih comprehensive, dan perolehan kontrak baru pada pekerjaan sipil sebagai main contractor pada pasar di luar PTPP. Itu seperti didapat dalam pekerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3. ”Kami bersinergi dengan entitas anak PT LMA untuk pembangunan jalan tol sebagai main contractor akan selesai pada Mei 2022,” imbuh Rully.


Jalan Tol Manado-Bitung itu diharap bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Sulawesi Utara guna mendukung aktivitas. Salah satunya meningkatkan efisiensi waktu pengiriman logistik dari Pelabuhan ke Kota Manado, membantu akses ke kawasan wisata Likupang dan juga dapat mempermudah jalan akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Dengan demikian, diharapkan dapat menarik investor dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.


Tol tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Utara pada 25 Februari 2022. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali kota Manado Andrei Angouw, dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. (*)